Berlin (ANTARA News) - Kanselir Jerman Angela Merkel pada Selasa (20/12) mengatakan bahwa otoritas yakin pembantaian mematikan oleh seorang sopir truk di sebuah pasar Natal Berlin adalah serangan “teroris” yang kemungkinan dilakukan oleh pencari suaka.

“Berdasarkan apa yang kami ketahui, kita harus berasumsi bahwa ini adalah sebuah serangan teroris. Saya tahu ini sangat sulit kita terima jika terbukti bahwa orang yang melakukan serangan ini meminta perlindungan dan suaka di Jerman," kata Merkel kepada para reporter, AFP.

Merkel menambahkan jika terbukti bahwa tersangka, yang ditahan setelah truk yang diduga dia kemudikan menewaskan 12 orang di tengah kerumunan besar tersebut, adalah pencari suaka, itu akan terasa “memuakkan karena banyak warga Jerman yang terlibat setiap harinya dalam membantu pengungsi.”

Dia menambahkan bahwa hal tersebut juga berlawanan bagi “orang-orang yang membutuhkan perlindungan kita setiap hari dan orang-orang yang mengupayakan integrasi di negara kita.”

Sejumlah laporan media menyebutkan tersangka tiba di Jerman dari Afghanistan atau Pakistan sebelumnya pada tahun ini untuk mencari suaka.

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016