Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi meminta Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memperhatikan kualitas calon pelatih untuk tim nasional.

"PSSI pasti punya standar. Namun tolong lihat latar belakang kepelatihannya, lisensi, termasuk tim mana yang pernah dia tangani dengan sukses," ujar Imam di Kemenpora, Jakarta, Rabu.

Menurut dia, pertimbangan-pertimbangan itu penting karena pelatih tim nasional juga diharapkan bisa menularkan ilmunya kepada pelatih Indonesia dan para pemain.

"Jangan ketika pelatnas selesai, selesai semuanya. Tidak begitu. Harus benar-benar ada ilmu baru yang didapatkan dari pelatih tersebut," ujarnya.

Menpora pun memiliki harapan yang sama kepada semua cabang olahraga. Semua pelatih yang terlibat dalam pembinaan atlet SEA Games maupun Asian Games diminta memiliki catatan prestasi yang bagus sebelum bekerja untuk Indonesia.

Tim nasional sepak bola Indonesia belum memiliki pelatih sejak berakhirnya Piala AFF 2016. Alfred Riedl dan asistennya Wolfgang Pikal hanya dikontrak selama tujuh bulan dan berakhir setelah Piala AFF.

PSSI belum memutuskan calon pelatih pengganti Riedl. Organisasi yang dipimpin Letjen TNI Edy Rahmayadi ini kini sedang melakukan evaluasi timnas secara keseluruhan.

Setelah itu, mereka akan menunjuk pelatih yang nantinya mempersiapkan para pemain menuju SEA Games 2017 di Malaysia.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016