Tangerang (ANTARA News) - Bom yang ditemukan dari hasil penggerebekan terduga teroris di Tangerang Selatan, Banten, sudah berhasil diledakkan.

"Iya, tadi ada dua bom yang sudah berhasil diledakkan oleh tim penjinak bom. Masih ada bom lainnya yang dalam proses penjinakan juga," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Mochammad Iriawan di lokasi kejadian, Rabu.

Ia menjelaskan, proses penjinakan dilakukan secara hati-hati. Maka itu, warga diminta untuk menjauh karena masih dalam proses pengamanan.

Begitu juga dengan tiga terduga teroris yang tewas dari hasil penggerebekan hingga kini belum dievakuasi. "Proses penjinakan bom lalu kemudian terduga teroris yang tewas dibawa," ujarnya.

Ketiga bom tersebut rencananya akan digunakan oleh terduga teroris untuk menyerang anggota polisi yang berjaga di pos polisi saat perayaan akhir tahun nanti.

Kapolda menuturkan, bila pengungkapan terduga teroris di Tangerang Selatan merupakan hasil penangkapan seseorang bernama Adam di Jalan Raya Serpong tadi pagi.

Identitas Adam diperoleh dari keterangan Dian yang sebelumnya ditangkap dalam penggerebekan di Bekasi.

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol Rikwanto, mengatakan, awalnya tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri menangkap terduga teroris bernama Adam di Jalan Raya Serpong.

Kemudian tim berupaya mengamankan tiga rekan Adam yang masih berada di kontrakan di Kampung Curug, Kelurahan Babakan, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan.

Rikwanto mengatakan ada perlawanan dari ketiga terduga teroris yang diketahui bernama Omen, Helmi, dan Irwan saat Densus berupaya mengamankan mereka. Pelaku sudah diminta untuk menyerah, tapi melawan dengan melempar bom kepada aparat.

Setelah pelemparan bom, terjadi kontak tembak antara pelaku dan Densus. Namun, akhirnya Densus berhasil melumpuhkan para pelaku.

Dari pemeriksaan sementara, diketahui bahwa keempatnya berencana melakukan aksi amaliyah (teror) ke pos polisi.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016