Yogyakarta (ANTARA News) - Indonesia dan Jepang sepakat membentuk "Indonesia-Japan Maritime Forum" guna membahas kerjasama di bidang maritim yang bersifat strategis antara kedua negara. 

"Indonesia-Japan Maritime Forum atau IJMF dibentuk melalui Memorandum of Cooperation to Establish Indonesia - Japan Maritime Forum yang ditandatangani oleh Menko Maritim Luhut Panjaitan dan Menlu Jepang Fumio Kishida pada hari ini (21/12)," demikian keterangan pers Kementerian Koordinator Kemaritiman yang diterima di Yogyakarta, Rabu.

Menko Maritim Luhut B. Pandjaitan didampingi oleh Meneg PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro dan sejumlah pejabat tinggi Indonesia mengadakan kunjungan kerja ke Jepang pada 20-21 Desember 2016.

Agenda utama kunjungan adalah pembentukan Indonesia - Japan Maritime Forum", pembahasan kerjasama infrastruktur antara lain, pelabuhan Patimban, kereta api cepat Jakarta - Surabaya, serta kerjasama keamanan laut.

Cakupan kerjasama IJMF meliputi kerjasama di bidang keamanan maritim dan keselamatan laut, pembangunan ekonomi kemaritiman, pembangunan infrastruktur kemaritiman, dan pendidikan dan pelatihan kemaritiman.

Menko Maritim juga membahas kerjasama strategis dengan Jepang di kawasan Sabang, Natuna, Morotai, dan Maluku.

IJMF akan menjadi forum penting bagi Indonesia dan Jepang untuk membangun berbagai kerjasama konkrit kemaritiman kedua negara baik secara bilateral atau pun dalam rangka memberikan sumbangan nyata bagi upaya menciptakan dan menjaga stabilitas, perdamaian dan keamanan di kawasan.

Dalam kunjungan kali ini, Menko Maritim bertemu dengan pejabat tinggi Pemerintah Jepang yaitu Menlu Jepang Fumio Kishida, Menteri MLIT (Land, Infrastructure, Transport and Tourism) Keiichi Ishii, Menteri METI (Economy, Trade and Industry) Hiroshige Seko, dengan politisi senior Toshihiro Nikai sebagai Sekjen Partai LDP dan Ketua Persahabatan Parlementer Indonesia - Jepang, dan Mantan Perdana Menteri Yasuo Fukuda sebagai Japan-Indonesia Friendship Society.

Tim Indonesia juga bertemu dengan kalangan industri Jepang yaitu Ports and Harbors Association of Japan, Sumitomo Corp., Taisei Corp., Chiyoda Corp., Teijin Limited, Marubeni Corp., Sumitomo Mitsui Banking Corp., dan INPEX.




Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016