Tangerang (ANTARA News) - Penyanyi Afgansyah Reza resmi merilis rekaman live session untuk album terbarunya "SIDES". Pria berkacamata yang akrab disapa Afgan itu mengaku bahwa dapat merekam lagu secara live merupakan impiannya sejak lama.

"Impian saya pengen punya album rekaman live. Dua bulan rilis album saya punya ide buat "SIDES" live session. Memang lebih sulit, lebih complicated, tapi ide ini kemudian saya ceritakan ke Trinity (label)," kata Afgan, dalam temu media di Bintaro, Tangerang Selatan, Rabu.

Solois tersebut menceritakan bahwa proses pembuatan live session "SIDES" mengambil tempat di sebuah studio di mana lagu-lagu dari album yang dirilis pada Agustus itu direkam secara audio dan visual.

"Syutingnya emg di satu tempat membawakan semua lagu dari album 'SIDES' kecuali lagu sama Raisa dan Yura karena mereka enggak bisa ikut dalam rekaman tersebut," ujar Afgan.

Meski dapat diulang jika mengalami kesalahan, namun rekaman secara langsung tanpa editan menjadi tantangan tersendiri bagi Afgan. Terlebih, Afgan mengaku "ingin memberikan sesuatu yang berbeda bagi yang sudah mendengar album aslinya." "Kita benar-benar harus improvisasi biar enggak sama seperti aslinya. Band saya juga mengaransemen musiknya. Untuk beberapa lagu saya lebih suka versi live-nya," kata dia.

Improvisasi musik juga dilakukan pada lagu Erwin Gutawa dalam album "SIDES". Lagu dengan iringan orkestra itu dibawakan Afgan dalam versi band pada album live session tersebut.

"Sempat ulang beberapa kali, ada yang enggak nyampe, ada yang enggak puas, makanya agak melelahkan. Lagu itu cukup demanding secara vokal," ujar dia.

"SIDES" Live Session secara eksklusif hadir di aplikasi streaming musik Yonder Music selama dua minggu dari tanggal 21 Desember 2016 sampai 4 Januari 2017.

Video dari "SIDES" Live Session juga akan tayang eksklusif di channel YouTube Yonder Music dari tanggal 5-12 Januari 2017.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016