Tokyo (ANTARA News) - SMAP, salah satu grup pop Jepang yang paling populer dan bertahan lama, merilis album hit terbaik, Rabu, hanya 10 hari sebelum bubar.

Album "SMAP 25 YEARS" berisi 50 lagu terbaik yang dipilih penggemar melalui pemungutan suara daring selama dua pekan.

SMAP telah mengeluarkan lebih dari 400 lagu sejak album perdana mereka keluar tahun 1991. "Stay", yang keluar tahun 2006, menempati posisi teratas lagu terbaik versi penggemar.

Sebanyak 800.000 kopi album akan dijual pada peluncurkan perdana, kata Victor Entertainment Corp seperti dilansir Kyodo.

Sebelumnya, sekelompok penggemar berat SMAP menyampaikan 373.515 tanda tangan dari Jepang dan luar negeri sebagai petisi kepada agensi Johnny & Associates agar para anggota SMAP -- Masahiro Nakai, Takuya Kimura, Tsuyoshi Kusanagi, Goro Inagaki dan Shingo Katori -- memikirkan kembali rencana bubar.

Sejak Agustus, agensi bakat itu sudah mengumumkan SMAP akan bubar pada 31 Desember, menurut media setempat antara lain karena ada konflik yang melanda para anggota grup itu.

Penggemar juga meluncurkan kampanye untuk menunjukkan dukungan mereka dengan cara membeli CD "Sekai ni Hitotsu Dake no Hana", salah satu lagu terkenal dari SMAP, hasilnya membuat single yang dirilis pada 2003 itu kembali jadi nomor satu di tangga lagu Jepang.

Mulai tahun depan, semua anggota SMAP akan tetap berada di bawah naungan agensi dan fokus pada karir solo masing-masing.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016