Kemudian kita juga mau supaya arus mudik terutama arus mudik seperti Brexit (Brebes Exit) kita waspadai. Jalur-jalur tol Cipali sampai dengan ke Bandung,"
Jakarta (ANTARA News) - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengimbau masyarakat yang hendak mudik menuju ke arah timur Pulau Jawa untuk tidak berpusat menggunakan tol Cikampek-Palimanan (Cipali).

"Kemudian kita juga mau supaya arus mudik terutama arus mudik seperti Brexit (Brebes Exit) kita waspadai. Jalur-jalur tol Cipali sampai dengan ke Bandung," kata Tito ditemui usai melakukan rapat terbatas mengenai persiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru di Kantor Presiden, Jakarta pada Kamis.

Menurut Tito, Polri memperkirakan akan terjadi peningkatan arus mudik di sejumlah jalur, termasuk Tol Cipali.

Dia meminta masyarakat agar tidak memaksakan kehendak memanfaatkan tol Cipali untuk menghindari antrian kendaraan di pintu keluar Brebes.

Untuk menghindari kemacetan, kepolisian akan selalu memberi informasi terkini terkait keadaan lalu lintas di Tol Cipali.

"Saya hanya mengimbau masyarakat untuk jalur tol Cipali ini kalau seandainya Brexit penuh, jangan dipaksakan. Nanti akan diarahkan ke jalur Pantura lama atau jalur selatan," tegas Kapolri.

Selain itu, Tito menjelaskan untuk angkutan mudik melalui jalur laut atau udara tidak ada masalah berarti.

Terkait pengamanan pada malam Natal dan Tahun Baru 2017, selain personel polisi dan TNI, Polri akan menggandeng masyarakat seperti Banser maupun pemuda gereja untuk menjaga keamanan bersama.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016