Batam (ANTARA News) - Jumlah penggguna penerbangan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam sejak 18 Desember mengalami peningkatan rata-rata 35 persen dibandingkan pada hari biasa.

"Hari biasa biasanya hanya berkisar 15 ribu penumpang yang tiba dan meninggalkan Batam. Tapi sejak 18 Desember hingga kemarin (22/12) rata-rata hampir 21 ribu orang per hari," kata General Manager Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Jumat.

Suwarso mengatakan, jumlah antara penumpang yang meninggalkan Batam untuk berlibur atau mudik ke kampung halaman untuk merayakan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 hampir sama dengan yang tiba di Batam untuk merayakan liburan akhir tahun.

Pada 21 Desember, kata Suwarso, penumpang yang tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam sebanyak 10.344 orang dengan menggunakan 69 penerbangan.

Sementara pada hari yang sama jumlah penumang yang meninggalkan Kota Batam dengan penerbangan mencapai 10.677 orang juga dengan 69 kali penerbangan.

Untuk 22 Desember jumlah penumpang mengalami sedikit penurunan yaitu yang tiba sebanyak 10.305 penumpang dan yang berangkat sebanyak 10.294 penumpang dengan 66 penerbangan.

"Penerbangan untuk tujuan Medan Sumatera Utara, Pekanbaru, Padang Sumatera Barat paling padat dibandingkan tujuan-tujuan lainnya," kata Suwarso.

Suwarso memperkirakan hingga awal 2017 jumlah pengguna transportasi udara di Hang Nadim Batam masih akan tinggi.

Maskapai Lion Air dan Batik Air yang sudah membuka tambahan penerbangan sejak 16 Desember 2016 masih memberlakukan tambahan penerbangan ke beberapa tujuan hingga 15 Januari 2017.

Pantauan di depan terminal keberangkatan Bandara Internasional Hang Nadim, jumlah calon penumpang yang hendak meninggalkan Batam masih terus padat.

Demikian juga pada terminal kedatangan domestik yang dipadati oleh ribuan penumpang yang baru tiba dari berbagai daerah di Batam.

Pewarta: Larno
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016