Denpasar (ANTARA News) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika memantau perayaan Natal di sejumlah gereja di Kabupaten Badung dan Kota Denpasar, Sabtu petang.

"Saya harap semua pihak, baik itu aparat keamanan maupun masyarakat saling bersinergi menjaga keamanan sehingga perayaan Natal akan berjalan lancar dan penuh kedamaian. Semoga damai Natal menginspirasi kita semua dan Tuhan selalu menyertai kita semua," kata Pastika di sela-sela pemantauan tersebut di Gereja Katedral, Denpasar.

Gubernur Bali dalam pemantauan tersebut didampingi Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko dan Kapolda Bali Irjen Pol Sugeng Priyanto.

Dalam kesempatan itu, Pastika meminta kepada aparat keamanan yakni pihak kepolisian dan TNI untuk terus bersinergi dalam menjaga keamanan dan kondusivitas Bali, baik dalam perayaan Natal maupun menjelang perayaan Tahun Baru 2017.

Sementara itu, Kapolda Bali Irjen Pol Sugeng Priyanto menyampaikan bahwa hingga saat ini situasi perayaan Malam Natal secara umum dalam kondisi aman dan terkendali.

Pihaknya telah menurunkan aparat untuk memperketat pengamanan di sejumlah titik seperti di rumah ibadah, pusat keramaian dan pusat-pusat pariwisata.

Sugeng berharap dengan upaya optimal yang telah dilakukan kepolisian dan jajarannya, perayaan Natal maupun Tahun Baru akan berjalan dengan tertib dan aman.

Dalam peninjauan yang diawali dari Gereja Katolik Maria Bunda Segala Bangsa dan Gereja Protestan yang berada di kawasan Puja Mandala Nusa Dua ini, Pastika juga didampingi oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Setda Provinsi Bali Made Sukadana dan Kepala Biro Humas Setda Provinsi Bali Dewa Gede Mahendra Putra.

Rombongan mengecek langsung persiapan pengamanan Malam Natal dan bertatap muka langsung dengan umat Nasrani yang sudah memadati gereja untuk bersiap-siap melaksanakan Malam Natal bersama.

Gubernur beserta rombongan juga melakukan peninjauan perayaan Natal di dua gereja lainnya yaitu Gereja St Fransiskus Xaverius di kawasan Kuta, Badung dan Gereja Rock Lembah Pujian, Denpasar.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016