Abuja (ANTARA News) - Militer Nigeria telah mengalahkan Boko Haram di hutan Sambisa, salah satu benteng terakhir yang tersisa dari kelompok tersebut, ungkap Presiden Muhammadu Buhari pada Sabtu.

Sebuah operasi militer yang berlangsung selama berbulan-bulan di hutan 1.300 kilometer persegi di negara bagian timur laut Borno menyebabkan "hancurnya benteng terakhir dari Boko Haram di hutan Sambisa," kata Buhari dalam sebuah pernyataan.

Dia mengucapkan selamat kepada pasukannya "karena akhirnya dapat masuk dan menghancurkan sisa-sisa pemberontak Boko Haram di 'Camp Zero', yang terletak jauh di dalam jantung hutan Sambisa."

Meski, Buhari awalnya mengatakan bahwa kemenangan militer tersebut telah terjadi pada Jumat, sebuah pernyataan kemudian menjelaskan bahwa para ekstremis itu sebenarnya telah dikalahkan dari hutan Sambisa pada Kamis.

"Para teroris itu telah melarikan diri, dan tidak lagi memiliki tempat untuk bersembunyi. Saya mendorong Anda untuk tetap menjaga tempo dan menyeret mereka ke pengadilan," kata Buhari.

Namun, pernyataan itu tidak menyebutkan keberadaan Abubakar Shekau, pemimpin Boko Haram yang berbasid di hutan tersebut, demikian dikutip dari laporan AFP.  (hs)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016