Bima, Nusa Tenggara Barat (ANTARA News) - General Manager PT Perusahaan Listrik Negara Wilayah Nusa Tenggara Barat Karyawan Aji mengatakan kondisi kelistrikan usai banjir bandang di Kota Bima masih belum pulih 100 persen.

"Hingga pukul 19.00 WITA, pemulihan daya sistem Bima baru mencapai 86,44 persen," kata Karyawan Aji di Kota Bima, Minggu malam.

Ia menyebutkan, total daya listrik yang harus dipasok ke pelanggan melalui sistem Bima mencapai 42 megawatt (MW), sedangkan total daya yang sudah bisa dipulihkan setelah banjir hanya 36,3 MW.

Pasokan daya listrik sebesar 36,3 MW bersumber dari pusat listrik Niu sebesar 18,4 MW, pusat listrik Bima 3,05 MW, pusat listrik Dompu 7,6 MW, pusat listrik Sape 3,6 MW, dan pusat listrik Bonto 3,7 MW.

"Total nyala sistem Bima sampai dengan pukul 18.00 sebesar 80 persen," ujarnya pula.

Perbaikan yang masih harus dilakukan, kata dia, fokus pada tiang yang roboh akibat banjir bandang, salah satunya di Kelurahan Lampe, Kota Bima.

Derasnya banjir yang berasal dari sungai Lampe menghanyutkan tiang jaringan tegangan menengah (JTM) yang berada di sisi sungai dan jembatan yang menghubungkan Kota Bima dengan Kecamatan Sape, Kabupaten Bima.

Kota Bima dan Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima di Pulau Sumbawa diterjang banjir bandang pada Rabu (21/12) yang kemudian disusul banjir bandang serupa Jumat (23/12) sekitar pukul 12.30 WITA.

Ribuan rumah terendam dan 105.758 jiwa penduduk  kota itu terkena dampak banjir bandang.


Pewarta: Awaludin
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016