Mamuju (ANTARA News) - Pembangunan bendungan di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat diharapkan tidak menimbulkan dampak lingkungan seperti terjadi genangan di kawasan lahan dan pemukiman masyarakat setempat.

"Kami mendengar ada rencana pemerintah membangun bendungan di sungai Kecamatan Kalukku untuk kebutuhan pengairan, kami berharap agar tidak ada dampak nantinya yang ditimbulkan," kata Basri salah seorang warga Kalukku Kabupaten Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan, kalau seandainya rencana itu benar maka pembangunan bendungan diharapkan dapat memperhatikan dampak yang akan timbul, seperti genangan dari bendungan kepemukiman warga.

"Masyarakat khawatir kalau rencana itu jadi maka akan terkena dampak yakni pemukiman dan lahan pertaniannya akan tergenang air dari sungai,".

Menurut dia, sungai Kalukku yang sangat besar di wilayah Kecamatan Kalukku dinilai warga akan sangat berpotensi mengakibatkan genangan ketika bendungan dibangun.

Oleh karena itu ia berharap agar rencana tersebut dijelaskan pemerintah mengenai dampaknya agar masyarakat tidak khawatir.

Menanggapi anggota DPRD Sulbar dari daerah pemilihan Kabupaten Mamuju berjanji akan menyampaikan keluhan masyarakat kepada pemerintah.

"Tentu ini akan menjadi kajian dan diharapkan tidak ada dampak yang akan timbul, namun kalau dampak yang ditimbulkan akan berpengaruh kepada kehidupan masyarakat dan lahan pekerjaannya maka akan bersama ditolak rencana itu," katanya.

Pewarta: M Faisal Hanapi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016