Ini upaya dan solusi menekan kemacetan. Kami berharap minat menggunakan transportasi massal, terutama kereta terus meningkat
Cianjur (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan memperpanjang tarif murah layanan kereta api Perintis Siliwangi dengan tujuan Sukabumi-Cianjur, Jabar, sebesar Rp 3.000, hingga tahun depan.

Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Ilud Siregar di Cianjur, Selasa, mengatakan, kontrak subsidi untuk KA Perintis Siliwangi akan diperpanjang hingga 2017 karena tingginya animo warga untuk menggunakan transportasi massal tersebut.

"Batasnya sampai bulan apa tahun depan, belum bisa saya pastikan, namun nanti akan diluncurkan kembali. Tapi rencananya akan diperpanjang, sehingga pelayanan murah kereta api masih bisa dinikmati warga Cianjur-Sukabumi," katanya.

Dia menambahkan, dengan tarif yang masih murah tersebut diharapkan warga terus beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi massal.

"Ini upaya dan solusi menekan kemacetan. Kami berharap minat menggunakan transportasi massal, terutama kereta terus meningkat," katanya.

Seperti diberitakan, KA Perintis Siliwangi dengan tarif Rp 3000 diresmikan pada Januari 2016 dan berlaku sampai Agustus 2016, namun pada Agustus 2006, tarif murah tersebut kembali disosialisasikan dan perpanjangan pemerintah pusat.

Sebelum mendapatkan subsidi tarif murah kereta api, warga harus membeli tiket kereta tujuan Cianjur-Sukabumi seharga Rp10 ribu untuk kelas ekonomi dan Rp35 ribu untuk kelas eksekutif. 

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016