Kami berharap kondisi cuaca cerah ini dan bisa bertahan hingga menjelang Tahun Baru 2017
Pekalongan (ANTARA News) - Jalur pendakian Gunung Slamet yang berada di perbatasan wilayah Kabupaten Banyumas, Pemalang, dan Kabupaten Tegal masih aman dilalui oleh pendaki.

Petugas Pos Pendakian Gunung Slamet Jalur Bambangan, Suwandi di Pekalongan, Rabu, mengatakan bahwa hingga kini jalur pendakian ke Gunung Slamet masih aman dan tidak ada masalah yang berarti.

"Kondisi cuaca maupun masalah kilatan cahaya yang sempat diisukan ada di puncak Gunung Slamet tidak mempengaruhi pendakian," katanya.

Ia mengatakan selama lima hari terakhir ini, Gunung Slamet belum diguyur hujan sehingga diperkirakan perayaan Tahun Baru 2017 di kawasan gunung ini akan ramai.

"Kami berharap kondisi cuaca cerah ini dan bisa bertahan hingga menjelang Tahun Baru 2017," katanya.

Ia mengatakan para pendaki masih bisa melaksanakan kegiatan pendakian seperti biasa karena kondisi cuaca tidak mengkhawatirkan.

Kendati demikian, kata dia, para pendaki disarankan mendirikan tenda di Pos 7 yang lokasinya paling strategis untuk mendirikan tenda atau di Pos 9 yang merupakan pos puncak Gunung Slamet dari jalur Bambangan.

Ia menambahkan ribuan pendaki dari berbagai daerah di Indonesia diperkirakan akan merayakan Tahun Baru 2017 di ketinggian 3.428 mdpl di puncak Gunung Slamet yang merupakan puncak gunung tertinggi di Jateng.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016