AsiaNet 66991

HEYUAN, Tiongkok, 26 Desember 2016 (Antara/Xinhua-AsiaNet) --

Ajang maraton berskala internasional, 2016 Heyuang Evergreen Lake International Marathon sukses digelar pada tanggal 25 Desember. Sekitar 15.000 pelari dari dalam (Tiongkok) dan luar negeri tumpah ruah di jalan-jalan Heyuan untuk mengungkap keindahan alam Heyuan, yang dikelilingi bukit-bukit hijau dan dialiri sungai, kepada dunia.

Wakil Walikota Heyuan, Zhu Weiwei, dalam pidatonya, mengungkapkan kalau ini adalah event marathon internasional pertama yang diselenggarakan di Heyuan. Tak hanya itu, event ini tercatat menjadi event olahraga berskala internasional dengan standar tertinggi dan diikuti oleh peserta terbanyak yang pernah digelar di Tiongkok. Lebih dari 50 atlet profesional mancanegara, seperti Ethiopia, Kenya, Nigeria, dan negara/wilayah lainnya turut berpartisipasi, dengan total jumlah peserta terakhir yang lulus kualifikasi mencapai 15.000 peserta.

Di sepanjang trek lari, peserta marathon dapat menikmati keindahan alam dan perpaduan beragam bangunan berarsitektur tradisional dan modern di kota yang berada di provinsi Guangdong, Tiongkok, ini.

Sebagai kota berskala medium di provinsi Guangdong, Tiongkok selatan, letak Heyuan berdekatan dengan Pearl River Delta, salah satu zona ekonomi yang paling sibuk di Tiongkok daratan, dan hanya berjarak dua jam berkendara dari dua kota industri terbesar di Tiongkok, Guangzhou dan Shenzhen. Selain memiliki potensi bisnis yang luar biasa, Heyuan juga dinobatkan sebagai "Kota Kuno Hakka, Heyuan yang Lestari Sepanjang Tahun". Heyuan dikenal akan kekayaan alamnya, dengan luas cakupan hutan yang mencapai 73,3%. Heyuan juga dikenal sebagai salah satu kota di Tiongkok yang tidak pernah mengalami hujan asam, sehingga tak heran jika kota ini berhasil menjadi satu dari 10 kota yang masuk dalam 'daftar kota terbersih di Tiongkok' pada 2016. Sebagai kota asal budaya Lingnan, Heyuan menjaga nilai-nilai budaya tersebut agar tetap hidup, berdampingan dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu, Heyuan bagaikan sebuah tambang dari keindahan alam dan kebudayaan di Tiongkok. Kota ini menawarkan potensi pertumbuhan bisnis yang signifikan. Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah proyek pembangunan gedung berskala internasional yang ramah lingkungan terus meningkat.

Zhu Weiwei menambahkan, Heyuan International Marathon Competition menunjukan energi dan kreativitas Heyuang kepada dunia. Lebih jauh lagi, event ini membuka jalan terhadap potensi bisnis yang lebih besar dan memungkinkan Heyuan untuk tumbuh menjadi kota layak huni yang dikelilingi pesona alam yang asri, dinamisnya ekosistem kewirausahaan dan industri pariwisata.

Sumber: Biro Publikasi Kota Heyuan

Tautan gambar:
http://asianetnews.net/view-attachment?attach-id=281611

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2016