Washington (ANTARA News) – Film "Rogue One: A Star Wars Story" meraup lebih dari 300 juta dolar Amerika (sekitar Rp4,03 triliun) di box office domestik pada Selasa (27/12), sebuah pencapaian yang dibayangi oleh meninggalnya salah satu aktris ikoniknya Carrie Fisher.

Pencapaian itu adalah dominasi akhir pekan kedua berturut-turut di Amerika Utara untuk yang pertama dari tiga cerita antologi di dunia "Star Wars" produksi Lucasfilm, menurut data industri yang dirilis pada Selasa.

Film kedelapan "Star Wars" tersebut meraup 96,1 juta dolar Amerika (sekitar Rp1,29 triliun) pada Jumat hingga Senin selama Natal, kata Exhibitor Relations, sehingga film tersebut total meraup 318 juta dolar Amerika (sekitar Rp4,27 triliun).

Namun, beberapa perayaan dibatalkan oleh berita meninggalnya Fisher dalam usia 60 tahun, yang bermain sebagai tokoh pemberontak Putri Leia, di Los Angeles akibat mengalami serangan jantung.

"Berita yang sangat buruk. Saya tidak pernah bertemu dengan Carrie, namun sering mendengar tentang bagaimana cerdasnya dia. Semangatnya akan dirindukan kita semua," kata aktris film 'Rogue One' Felicity Jones dalam sebuah pernyataan kepada situs dunia hiburan Deadline, seperti dilansir AFP.

"Dia adalah Putri Leia bagi dunia, namun seorang teman yang sangat istimewa bagi kami semua. Dia memiliki semangat gigih, kecerdasan yang luar biasa, dan hati yang penuh kasih," kata presiden Lucasfilm sekaligus produser 'Rogue One' Kathleen Kennedy.

Pewarta: Monalisa
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016