Wina (ANTARA News) - Bayi kembar panda yang lahir di Kebun Binatang Schoenbrunn, Wina, telah keluar dari sarangnya dan akan tampil di depan umum, kata pawangnya, Jumat.

Kedua bayi panda jantan dan betina itu berada dalam keadaan sehat dan tumbuh berkembang.

Panda raksasa Yang Yang melahirkan Fu Feng (betina) dan Fu Ban (jantan) pada Agustus dan merawat bayinya di satu gua buatan, yang tersembunyi dari pandangan masyarakat.

Langkah keluar mereka yang pertama dari gua ke dunia yang lebih luas dilakukan pada Kamis malam, untuk mengenali wilayah sekitarnya dan disaksikan para pengunjung kebun binatang untuk pertama kali pada Jumat pagi, menurut pihak kebun binatang.

"Selama beberapa hari, mahluk-mahluk mungil itu melongok dengan penuh rasa ingin tahu dari dalam gua mereka. Kemarin malam Fu Feng mulai memanjat keluar gua," kata kepala kebun binatang Dagmar Schratter.

Saudaranya segera mengikuti, demikian kepala kebun binatang menyatakan.

Kedua bayi panda yang masih memerlukan banyak waktu untuk tidur itu disebutkan tumbuh dengan sehat, dan menurut pihak kebun binatang Fu Feng sudah mencapai berat tubuh 8,8 kg dan Fu Ban 6,55 kg.

"Sejauh ini mereka hanya memakai giginya saat bermain gigit-gigit. Makanan mereka saat ini baru air susu induknya, belum mengunyah bambu," demikian kata Schratter.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016