Ciawi, Bogor (ANTARA News) - Kepala Shift Kesatu Gerbang Tol Ciawi Bogor, Jawa Barat, Darussalam mengungkapkan lalu lintas di jalur tol Ciawi menuju puncak maaupun sebaliknya ke arah Jakarta terpantau senggang.

"Sepi ya, hanya ada satu dua kendaraan di dua arah," katanya di kantor GT Ciawi, Sabtu.

Dia mengatakan, kendaraan keluar dari arah Jakarta menuju puncak tercatat ramai pada pukul 06.00-08.00 WIB dengan jumlah 3.052 kendaraan.

Selebihnya, kendaraan keluar tol tercatat stabil diangka sembilan ratusan dan terpantau menurun menjelang tutup shift kesatu pada pukul 14.00 WIB ini.

Baik di arah masuk maupun keluar jumlah kendaraan terlihat menurun dan senggang pada kamera pantau yang berada diruang kontrol kantor GT Ciawi tersebut.

Jumlah total kendaraan keluar tol menuju tempat wisata alam Kabupaten Bogor yakni area puncak itu terdata sebanyak 7.909 kendaraan.

Sedangkan jumlah total kendaraan masuk atau arah menuju Jakarta mencapai 5.924 kendaraan sehingga lalu lintas masih terlihat saling mengimbangi di dua arah.

Tidak seperti hari sebelumnya pada tanggal (30/12) lalu lintas sempat dipadati kendaraan yang masuk tol atau keluar area Bogor pada pukul 15.00-17.00 WIB meskipun menurut jumlah kendaraan keluar tol yang menuju puncak masih mendominasi.

Petugas GT Ciawi sempat meminta tambahan kartu tiket akibat banyaknya keperluan bagi kendaraan yang mengambil tiket menuju ke luar tol Bogor.

Baru sekitar pukul 21.00 WIB di akhir shift kedua dari kamera pantau terlihat kendaraan menuju puncak sangat padat hingga pagi pukul 06.00 WIB diakhir tutup shift ketiga diinformasikan dua puluh ribu lebih kendaraan mengantre di gardu tol.

Darussalam menyampaikan, dimulai pukul 18.00 WIB ketika jalur menuju puncak akan ditutup maka kondisi biasanya akan sangat terlihat lebih senggang lagi.

"Nanti sekitar siang hari besok mungkin kendaraan baru memadati tol kembali bagi masyarakat yang ingin balik ke arah Jakarta," katanya.

Pewarta: Linna Susanti & mayolus Fajar D
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016