Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa Abdul Muhaimin Iskandar mengatakan pemerintah harus lebih proaktif di segala bidang pada tahun 2017.

Cak Imin, sapaan akrabnya mengatakan pencapaian dalam berbagai bidang kehidupan pada tahun 2017 harus lebih baik dari tahun 2016.

"Pemerintah harus lebih proaktif dan bergegas dalam mengimplementasikan dan mewujudkan program-program ekonomi yang prorakyat dengan tetap mengedepankan kualitas pembangunan ekonomi bangsa yang berkeadilan dan berkeadaban," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Betapa pun beratnya tantangan di bidang ekonomi, kata Cak Imin, pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) diharapkan mampu melewati dan mengatasinya.

Lebih lanjut Muhaimin mengatakan bahwa berbagai tantangan di bidang politik pun menjadi bagian penting dalam perjalanan Bangsa Indonesia.

"Dalam bidang politik, ketangguhan kita sebagai bangsa yang berbudaya akan mempertebal keyakinan bahwa Bangsa Indonesia mampu melewatinya dengan baik," kata dia.

Menurut Muhaimin politik akan bermakna dan memiliki kekuatan abadi apabila politik terus mengakar dengan tradisi dan budaya yang kuat dan kokoh.

"Semoga tahun 2017 menjadi tahun kesantunan dalam berpolitik dan berdemokrasi yang berkeadaban," ujarnya, berharap.

Selain itu, kata Cak Imin, dalam hal kepemimpinan politik di Indonesia, corak kepemimpinan Gus Dur perlu digarisbawahi, kepemimpinan yang dilandasi prinsip persaudaraan Islam sekaligus mengimplementasikan prinsip persaudaraan manusia.

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017