Jakarta (ANTARA News) - Jumlah pajak yang dibayarkan melalui layanan aplikasi secara "online" atau dalam jaringan (daring) bernama OnlinePajak sepanjang 2016 mencapai Rp1,3 triliun yang diperoleh dari 200 ribuan pengguna aktif, termasuk sejumlah perusahaan besar.

Keterangan dari penyedia jasa aplikasi Online Pajak, PT Achilles Advances System (Achilles) yang diterima di Jakarta, Kamis, menyebutkan jumlah pembukuan pajak melalui aplikasi berbasis internet tersebut tercatat hingga akhir Oktober 2016.

"OnlinePajak terus berupaya menjadi penyedia jasa aplikasi yang memiliki kredibilitas tinggi sehingga dapat memberikan usaha terbaik bagi pelanggannya, terutama dalam pengelolaan keamanan informasi," ujar Direktur Achilles Charles Guinot.

OnlinePajak telah mendapatkan sertifikasi ISO/IEC 27001: 2013 yang mulai efektif sejak 21 September 2016. "ISO 27001: 2013 adalah standar keamanan informasi yang diterbitkan pada 25 September 2013," jelas Guinot.

Pada dasarnya, ISO 27001: 2013 merupakan spesifikasi untuk sistem manajemen keamanan informasi.

Organisasi, lembaga, atau perusahaan yang memenuhi standar dapat memperoleh sertifikasi resmi yang dikeluarkan oleh badan sertifikasi independen dan terakreditasi setelah berhasil menyelesaikan proses audit formal.

Guinot menambahkan OnlinePajak juga mengembangkan fitur-fitur baru yang membantu wajib pajak, pengusaha kena pajak, akuntan, dan konsultan pajak dalam menunaikan kewajiban serta melakukan aktivitas sehari-hari.

Menurut Guinot, saat ini, Achilles tengah mengembangkan aplikasi OnlinePajak dengan fitur-fitur inovatif seperti "Accounts Receivable Management" dalam konteks e-Faktur atau faktur elektronik, "Payment Reminder" atau pengingat pembayaran, Kelola Karyawan 1 Klik untuk membuat slip gaji karyawan dan sistem penggajian karyawan dengan 1 klik.

Sementara itu, Manajer Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Achilles, Azwin Nugraha mengatakan pada Maret 2016 OnlinePajak telah meluncurkan fitur API yang mengintegrasikan aplikasi para penggunanya sehingga pajak dapat diselesaikan lebih cepat.

Integrasi API membuat penggunanya menjadi hemat waktu dan lebih efektif karena dapat mengimpor data dari aplikasi yang telah digunakan sebelumnya secara otomatis, jelasnya.

Aplikasi yang dibangun oleh Achilles ini semakin dipercaya dalam industri teknologi keuangan di tanah air melalui penandatanganan nota kesepahaman kerja sama pembayaran pajak melalui aplikasi OnlinePajak bersama PT Bank Negara Indonesia Tbk, ujar Azwin.

OnlinePajak bertujuan membantu Indonesia meningkatkan penerimaan negara dari pajak dan mempermudah wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya, tambah dia.

Pewarta: Libertina Widyamurti Ambari
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017