Palu (ANTARA News) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI) Setya Novanto mengakui bahwa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, menjadi perguruan tinggi Islam negeri pertama yang dikunjunginya sejak menjabat sebagai pimpinan legislatif.

"Saya baru saja beberapa kali ke Kota Palu ibukota Provinsi Sulawesi Tengah dan pertama kali menginjakkan kaki di IAIN Palu sekaligus menjadi perguruan tinggi Islam negeri naungan Kementerian Agama yang pertama saya kunjungi," ungkap Setya Novanto saat menyampaikan ceramah kebangsaan di Auditorium IAIN Palu, Sabtu

MenurutSetya Novanto IAIN Palu sebagai perguruan tinggi Islam negeri terbesar di Sulawesi Tengah harus menjadi peyeimbang dan andalan pemerintah penyelenggaraan pendidikan khususnya pendidikan Islam di daerah tersebut.

IAIN, sebut dia, harus mampu dan dapat menciptakan kader atau mahasiswa yang memiliki kepribadian dan karakter yang baik, didukung dengan pengetahuan agama yang maksimal.

"Kampus ini harus menjadi andalan pemerintah di daerah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa serta membentuk karakter generasi muda yang unggul dalam segala bidang," ujarnya.

Dirinya juga berharap agar IAIN Palu dapat memerangi dan mencerahkan masyarakat di daerah tersebut atas banyaknya faham dan aliran yang muncul, yang memberikan ancaman terhadap kedaulatan dan keutuhan bangsa.

"Indonesia merupakan negara yang dihuni berbagai macam agama, faham dan aliran serta berbagai suku dan etnis. Hal ini harus dijaga dalam bingkai kesatuan bhineka tunggal ika," sebutnya.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Golongan Karya itu didampingi Wakil Ketua Komisi V Bidang Infastruktur dan Perhubungan DPR-RI, Muhidim M Said beserta rombongan tiba di Rektorat IAIN Palu pada pukul 15.30 wita.

Setya yang mengenakan kemeja putih polos menumpangi mobil alphard warna hitam disambut Rektor IAIN Palu Prof Dr H Zainal Abidin M.Ag beserta wakil-wakil rektor di teras rektorat kampus tersebut, saat turun dari mobil itu.

"Selamat datang Pak Ketua DPR-RI, kami sangat senang dan merasa bangga bapak berkenan dan menyempatkan waktu mengunjungi IAIN Palu hari ini," ucap Prof Zainal Abidin saat berjabatan tangan dengan Setya Novanto.

Pertemuan singkat di ruangan kerja Rektor yang dihadiri oleh Ketua DPD Partai Golkar Sulawesi Tengah M Arus Abdul Karim, Bupati Sigi Muhammad Irwan Lapatta dan Ketua DPRD Sigi M Rizal Intjenai itu membicarakan tentang pengembangan perguruan tinggi Islam Negeri tersebut.

Kepada Setya Novanto, Rektor menyebut bahwa IAIN Palu pada tahun 2017 akan meletakkan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan kampus II di Kabupaten Sigi menggunakan dana SBSN senilai Rp35 miliar.

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017