Jakarta (ANTARA News) - Turis memenuhi lokasi pengambilan gambar drama Korea "Goblin" atau "Guardian: The Lonely and Great God", yang mencatatkan rekor rating penonton 15 persen pada Minggu.

Popularitas drama yang naskahnya ditulis oleh Kim Eun-sook itu menarik para pengunjung yang ingin mengikuti jejak aktor Gong Yoo, yang berperan sebagai Goblin Kim Shin, dan aktris Kim Go-eun, yang berperan sebagai Ji Eun-tak, pengantin Goblin.



Bendungan gelombang laut di Jumunjin, Gangneun, tempat pasangan itu pertama kali bertemu dan berbicara dalam drama roman-fantasi itu, menjadi salah satu tujuan wisata populer bagi para penggemar.

Dalam adegan terkenal itu, Ji Eun-tak meniup lilin kue ulang tahunnya dan mengucapkan harapannya, secara tak sengaja memanggil sang Goblin yang muncul sambil memegang bunga gandum, simbol kekasih.

Para pedagang memanfaatkan peluang itu dengan menyewakan buket bunga, syal merah dan payung, masing-masing seharga 1.000 won, bagi pengunjung yang ingin meniru adegan romantis dalam drama tersebut.

"Setelah saya melihat pemandangan tepi laut yang indah dalam drama, saya pergi ke sana pada akhir pekan. Karena banyak turis yang ingin berfoto di sana, saya harus antre lebih dari 10 menit," kata turis Kim Ye-min kepada harian lokal.

Di media sosial, foto-foto dengan pose seperti adegan drama tersebut bertebaran.


Toko buku Hanmi, toko buku bekas kecil bercat kuning terang di Incheon, juga sering muncul dalam drama dan kini didatangi banyak penggemar.

Pemilik toko buku, Jang Won-hyek, merasakan betul popularitas drama tersebut.

"Jumlah pengunjung melonjak drastis lebih dari 10 kali lipat pada akhir pekan dan tiga kali lebih banyak pada hari kerja," katanya sebagaimana dikutip Korea Times.

"Setelah drama itu ditayangkan, saya mulai melihat pengunjung asing juga."

Toko itu terletak di gang kecil tua di mana dulu toko buku bekas pernah makmur. Kini toko itu hanya satu dari segelintir yang tersisa di Incheon.

"Jalan ini dulu ramai orang. Tapi sekarang sepi. Kami memperkirakan daerah ini kembali ramai berkat drama," imbuh Jang.

Unhyeon Palace bergaya Barat klasik di dalam Deoksung Women’s University, Seoul, juga tampil dalam drama, dalam bentuk mansion putih tempat Goblin tinggal. Lokasi syuting drama "Princess Hours" (2006) itu juga ramai para turis. 

Pengambilan gambar juga berlangsung di Provinsi Gangwon, termasuk resort ski Dragon Peak, Yongpyong, di puncak gunung Balwang. 

Selain itu ada hutan pohon cemara Woljeongsa Temple serta danau Cheongna di Incheon yang menjadi tempat sang Goblin mengungkapkan rahasia pedang yang menancap di dadanya serta memberitahu Ji Eun-tak bahwa dia adalah pengantin pertama dan terakhir. 

Tempat-tempat tersebut juga mulai berubah menjadi tempat wajib dikunjungi para penggemar "Goblin".

Incheon City berencana membuat tur untuk penggemar "Goblin" dengan memasang tanda berbentuk pedang untuk menandai lokasi pengambilan gambar drama itu.


Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017