Kamis, 27 Juli 2017

Lomba kereta luncur anjing digelar di Pegunungan Alpen Perancis

| 2.700 Views
Lomba kereta luncur anjing digelar di Pegunungan Alpen Perancis
Salah satu perlombaan kereta seluncur anjing yang digelar di Alaska. (ANTARA News/ Reuters)
Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 500 ekor anjing melolong tak sabar untuk memulai salah satu perlombaan kereta luncur paling menantang di dunia, yang digelar di Pegunungan Alpen, Perancis.

Pergelaran bernama La Grande Odyssee atau The Great Odyssey itu merupakan perjalanan 11 hari sepanjang 670 kilometer atau sekitar 1.000 kilometer untuk anjing dan pawang mereka berseluncur dari ketinggian 20.000 meter.

Para pembalap, yang dikenal sebagai mushers, datang dari berbagai negara seperti Swiss, Republik Ceko, Spanyol serta Perancis untuk acara tahun ini.

Acara tersebut dibuka pada Sabtu (7/1) dengan pemasangan kembang api sebelum fajar di depan kerumunan besar ski resort Les Carroz.

"Benar-benar sulit memegangi mereka di garis start, yang artinya jika berhasil berarti pelatihan yang dilakukan sukses," kata musher berusia 41 tahun Remy Coste yang menangani beberapa ekor anjingnya.

Pria berkebangsaan Prancis tersebut merupakan pemimpin ajang yang pertama kali digelar awal Tahun 2005 dan memiliki pengalaman berseluncur dalam gelap.

Para musher mengenakan obor di kepala dan anjing mereka memakai lampu berkedip untuk membantu menavigasi medan yang rumit dan bersalju.

"Saat jalan menurun, anda harus berhati-hati karena sangat licin. Jika terlalu cepat, anjing-anjing bisa melukai bahu mereka," kata handler asal Perancis Jean Combazard.

Adapun pergelaran tahun ini akan berakhir pada Rabu (18/1) di Bonneval sur Arc. Demikian diberitakan Reuters.

Penerjemah: Sella Panduarsa Gareta

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar Pembaca
Baca Juga