... kita menyadari terdapat jalan yang terjal di depan kita...
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri 2017, mengatakan, komitmen pemerintah Indonesia untuk mendukung upaya kemerdekaan Palestina akan terus dilanjutkan.

"Komitmen Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina terus dilanjutkan. Indonesia tidak akan mundur dalam membantu perjuangan kemerdekaan Palestina," kata Marsudi, di Gedung Nusantara Kementerian Luar Negeri, di Jakarta, Selasa.

Marsudi menekankan, Indonesia mendukung penuh Resolusi Dewan Keamanan PBB 2334 agar Israel segera menghentikan pembangunan permukiman ilegal.

"Indonesia akan terus menggalang tekanan internasional bagi pencapaian two-state solution (solusi dua negara)," ujar dia.

Dia menambahkan Indonesia akan menggalang sebanyak mungkin dukungan agar penyelesaian Two-State Solution dapat terealisasi.

"Namun, kita menyadari terdapat jalan yang terjal di depan kita," kata dia.

Untuk itu, Marsudi, Indonesia mendukung inisiatif konferensi internasional gagasan Prancis. Indonesia telah hadir dalam pertemuan di Paris pada Juni 2016 dan akan hadir dalam pertemuan pada Januari di Paris.

"Sebagai terobosan diplomatik, Indonesia telah membuka Konsulat Kehormatan di Ramallah dan berencana membuka Rumah Indonesia di Palestina," ujar dia.

Sebelumnya, Indonesia telah menyelenggarakan KTT Luar Biasa Mengenai Palestina dan Kota Suci Yerusalem, di Jakarta, pada Maret 2016.

KTT tersebut menghasilkan Deklarasi Jakarta yang berisi berbagai terobosan dan aksi nyata yang bertujuan mendukung kemerdekaan Palestina. 

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017