Jakarta (ANTARA News) - Jaringan Hubungan Kemasyarakatan (Humas) ASEAN atau "ASEAN Public Relations Network" (APRN) dan Konfederasi Wartawan ASEAN atau "Confederation of ASEAN Journalists" (CAJ) bersepakat dalam meningkatkan kerja sama di bidang kehumasan dan media.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam Nota Kesepahaman Persahabatan dan Kerja Sama yang ditandatangani oleh President CAJ, Thuan Huu dan Presiden APRN, Prita Kemal Gani yang disaksikan oleh Direktur Urusan Komunikasi ASEAN, Lee Yoong Yoong, di Jakarta, Jumat (6/1).

"Kesepakatan antara CAJ dan APRN adalah komitmen bersama dalam menghadapi tantangan, mengecilkan celah perbedaan dan menguatkan pemahaman antara negara-negara anggota ASEAN," ujar Prita dalam sambutan pembukaan kegiatan penandatanganan dokumen kerja sama tersebut.

Prita menambahkan bahwa komitmen tersebut diharapkan dapat mendukung inisiatif dan berbagai upaya yang bertujuan meningkatkan kerja sama tersebut.

"Kesepakatan ini hanyalah sebuah awal dari perjalanan kerja sama yang harmonis antara CAJ dan APRN, juga antara negara-negara anggota ASEAN," kata Prita.

Penandatangan nota kesepahaman persahabatan dan kerja sama antara CAJ dan APRN merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan pertemuan Dewan Direksi CAJ yang dihadiri oleh delegasi dari Filipina, Indonesia, Laos, Malaysia, Thailand dan Vietnam.

CAJ didirikan di Jakarta pada 11 Maret 1975 oleh para utusan dari organisasi wartawan nasional negara-negara anggota ASEAN.

London School of Public Relations (LSPR) di Jakarta mendirkan APRN yang mempertemukan para pemimpin, akademisi, praktisi, dan pihak-pihak lainnya yang berhubungan dengan kehumasan dari sepuluh negara anggota ASEAN.

Di APRN mereka membangun hubungan, berdiskusi dan berbagi isu dan perkembangan mengenai kehumasan serta melaksanakan berbagai program guna meningkatkan kualitas kehumasan bagi negara-negara anggota ASEAN.

Pewarta: Libertina Widymurti Ambari
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017