Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mendukung pasangan suami istri asal Malang yang akan bersepeda menuju 11 negara untuk menyebarkan pesan perdamaian.

"Mereka akan membawa misi perdamaian, kerukunan antarumat dan akan bertemu dengan tokoh-tokoh perdamaian di negara yang dituju," kata Mensos di Jakarta, Rabu.

Pasangan suami istri tersebut, Hakam Mabruri (34) dan Rofingatul Islamiah (34) menemui Mensos di kantornya untuk meminta dukungan dan arahan.

"Sampai hari ini mereka masih proses untuk mendapatkan surat keterangan dari Kementerian Luar Negeri. Saya meminta disiapkan segala sesuatunya karena mereka akan menempuh perjalanan yang cukup panjang," tambah Mensos.

Mensos mengharapkan dari perjalanan mereka, keduanya bisa mengetuk hati para pemimpin dunia bahwa dari Indonesia ingin menyerukan perdamaian, kerukunan antarumat beragama, hentikan kekerasan dan peperangan.

"Jika pesan-pesan membangun harmoni bisa disampaikan terutama pada para penentu kebijakan dan pemimpin, saya rasa berbagai upaya untuk membangun dunia yang damai, dunia yang harmoni bisa tercipta," katanya.

Hakam Mabruri mengatakan mereka akan bersepeda ke 11 negara yaitu mulai dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Nepal, India, Oman, Uni Emirat, Arab Saudi, Yordania, Israel dan Mesir.

Menurut Hakam perjalanan yang akan ditempuh dengan sepeda tandem bersama istrinya itu akan memakan waktu sekitar delapan bulan.

"Saat ini sedang mengurus visa dan akan memulai perjalanan sekitar dua pekan lagi," katanya.

Menurut Hakam, rencana keliling sejumlah negara itu sudah menjadi cita-citanya sejak kecil namun baru saat ini bisa terwujud dengan bantuan dana dari teman-teman.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017