Mosul, Irak (ANTARA News) - Pasukan Irak mencapai kemajuan baru dalam melawan ISIS di Mosul timur dan memerangi kelompok militan itu di daerah-daerah dekat Sungai Tigris, Rabu ini, kata para pejabat militer seperti dikutip Reuters.

Pasukan elite Dinas Kontra Terorisme (CTS) merangsek masuk ke daerah Sadeeq di bagian timur laut Mosul.

Dengan menguasai Hadba, Sadeeq dan distrik-distrik terdekat lainnya akan membuat CTS masuk lebih jauh lagi ke dalam kota. Menguasai bagian timur kota ini menjadi sangat penting untuk menyerang bagian barat Mosul. Hingga saat ini ISIS masih bertahan di daerah-daerah barat Mosul.

Pasukan Irak juga bentrok dengan para militan jauh di selatan, dalam upaya mencari pijakan di tepi sungai Tigris yang pekan lalu mereka capai untuk pertama kalinya dalam operasi militer yang sudah memakan waktu tiga bulan ini.

Ofensif militer dukungan AS untuk memukul mundur ISIS dari Mosul yang merupakan benteng terakhir ISIS di Irak, melibatkan 100.000 tentara Irak, Kurdi dan milisi Syiah.

Jika sampai kehilangan Mosul, maka ISIS yang menguasai wilayah yang membentang dari Suriah ke Irak, akan menemui babak akhirnya, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017