Rabu, 18 Januari 2017

Kemenhub-BNN janji tingkatkan pengawasan pilot sebelum terbang

| 2.638 Views
id pilot narkoba, kemenhub, bnn, keselamatan penerbangan, pilot susi air
Kemenhub-BNN janji tingkatkan pengawasan pilot sebelum terbang
Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Bambang S. Ervan (ketiga kiri) bersama Kabag Humas BNN Slamet Pribadi (kiri), Kepala Lembaga Kesehatan Penerbangan dan Ruang Angkasa Saryanto Dinkes TNI AU Moch Soewandi (kedua kiri) dan Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Kemenhub Muzaffar Ismail (kanan) memberikan keterangan pers terkait kelanjutan kasus pilot Citilink Indonesia yang mabuk Captain Pilot Tekad Purna Agniamartanto di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (10/1/2017). Ditjen Perhubungan Udara secara resmi mencabut lisensi penerbangan atas nama Tekad Purna Agniamartanto karena terbukit melanggar terhadap peraturan keselamatan penerbangan sipil yang dapat membahayakan keselamatan penumpang. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Pilot yang pada deteksi awal oleh pihak yang berwenang terindikasi menggunakan narkoba, dilarang menerbangkan pesawat...."
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perhubungan berjanji akan meningkatkan pengawasan keselamatan penerbangan bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam pengawasan dan pemeriksaan pilot terhadap penggunaan narkoba di bidang transportasi secara umum.

Kepala Bagian Kerja sama dan Humas Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agoes Soebagio dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, mengatakan pilot yang terindikasi menggunakan narkoba tidak diperbolehkan menerbangkan pesawat hingga diketahui hasil pemeriksaan yang mendetail.

"Pilot yang pada deteksi awal oleh pihak yang berwenang terindikasi menggunakan narkoba, dilarang menerbangkan pesawat. Pilot tersebut harus segera diperiksa secara intensif baik di Balai Kesehatan Penerbangan Ditjen Perhubungan Udara maupun Badan Narkotika Nasional (BNN)," katanya.

Menurut Agoes, pemeriksaan intensif tersebut diperlukan untuk mengetahui apakah pilot yang bersangkutan benar-benar mengkonsumsi narkoba atau tidak.

Pilot yang nantinya positif menggunakan narkoba, akan dikenakan sanksi yang berlaku.

Pernyataan tersebut menanggapi adanya indikasi dua pilot maskapai Susi Air yang menggunakan narkoba pada Rabu (11/1).

Pada pukul 10.00 WIB hari ini, BNNK Cilacap melakukan pemeriksaan urine kepada pilot maskapai Susi Air yang baru mendarat di Bandara Tunggul Wulung, Cilacap dari Bandara Nusa Wiru dengan menggunakan pesawat Cessna Caravan.

Dari pemeriksaan tersebut, dua personil pilot atas nama Bas Hellings dan David Eloy terindikasi positif menggunakan narkoba.

Berdasar KA hasil pemeriksaan, dua pilot tersebut kemudian dilarang untuk menerbangkan pesawat kembali.

Pada pukul 15.08 WIB, dua pilot tersebut bersama petugas dari BNNK Cilacap diterbangkan menuju Jakarta untuk kemudian dilakukan pemeriksaan yang lebih intensif di kantor pusat BNN.

Agoes menanggapi positif inisiatif maskapai penerbangan Susi Air, BNNK Cilacap dan inspektur Otoritas Bandar Udara Wilayah 3 di Bandara Tunggul Wulung Cilacap yang membawa dua pilot tersebut ke kantor pusat BNN di Jakarta untuk pemeriksaan yang lebih intensif.

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga