Cirebon (ANTARA News) - Polres Cirebon membentuk tim Polisi Penjaga Pantai dan bekerjasama dengan Polda Jawa Barat melatih 20 personelnya untuk menjadi tim itu.

Kapolres Cirebon, AKBP Risto Samodra di Cirebon, Rabu, mengatakan, pembentukan Polisi Pantai di Polres Cirebon, personelnya dibentuk dari anggota Polsek yang mempunyai pantai dan dibantu Polairud.

"Ini instruksi dari Kapolda Jabar dengan meminta agar setiap Polres yang memiliki wilayah pantai segera membentuk tim Polisi Penjaga Pantai untuk menjaga keamanan dan kenyamanan wilayah pantai," katanya.

Ia menuturkan dengan instruksi itu, pihaknya langsung menindaklanjuti instruksi Kapolda Jabar dengan membentuk Polisi Penjaga Pantai di wilayah perairan laut pantai di wilayah hukum Polres Cirebon.

Sementara itu, wilayah pantai yang masuk dalam hukum Polres Cirebon sepanjang 27 kilometer dari Pantai Ajsab hingga Pantai losari.

"Sementara ini baru 20 personel yang dilatih dan diberikan materi oleh Polairud dan tutor lainnya. Pelatihan selama dua hari di kelas maupun di lapangan," tuturnya.

Dalam pelatihan itu personel diberikan sembilan materi seperti pelatihan SAR Laut, kearifan masyarakat pantai, bimas, kemampuan renang, perkenalan kapal dan patroli masyarakat pantai.

"Dengan adanya Polisi Pantai ini diharapkan bisa menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat pantai dengan cepat di wilayah Hukum Polres Cirebon," katanya.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017