Jakarta (ANTARA News) - Facebook Inc meluncurkan "Journalism Project", Rabu waktu setempat, untuk memperdalam hubungan mereka dengan organisasi pemberitaan.

Peluncuran ini diadakan kurang dari seminggu setelah mereka mengatakan mempekerjakan mantan jurnalis CNN, pembawa berita Campbell Brown untuk mengepalai tim kemitraan pemberitaan, lapor Reuters.

Sebagai bagian dari proyek baru, Facebook akan fokus memperbaiki format bercerita mereka saat ini, seperti Live, 360 dan Instant Articles.

Mereka akan menguji coba fitur menggunakan Instant Article, pembaca dapat melihat beberapa cerita sekaligus dari media pemberitaan pilihan mereka.

Facebook akan bekerja sama dengan pihak ketiga untuk mempromosikan literasi berita dan membantu pengguna memutuskan sumber mana yang terpercaya.

Facebook juga akan terus bekerja untuk membatasi hoax.

Media sosial ini mendapat kritik selama beberapa bulan terakhir karena dianggap tidak cukup berusaha mengatasi berita palsu, berita bohong, selama kampanye Pilpres Amerika Serikat.

"Kami peduli untuk memastikan kesehatan ekosistem berita dan jurnalisme dapat berkembang," kata Direktur Produk Facebook Fidji Simo.

Facebook juga akan memperkenalkan iklan di video reguler, mereka sudah mencoba di Facebook Live.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017