Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyebut trampolin bisa menjadi olahraga alternatif sekaligus hiburan di tengah sibuknya aktivitas masyarakat di kota besar terutama di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Memang benar. Olahraga ini bisa menjadi alternatif solusi hiburan serta olahraga yang ekonomis dan praktis bagi masyarakat dan keluarga Indonesia," kata Imam Nahrawi di sela membuka Amped Trampoline Park di Kelapa Gading, Jakarta, Kamis.

Trampolin merupakan olahraga yang biasa digunakan anak-anak maupun orang dewasa dengan melakukan lompatan dalam periode tertentu. Lompatan sendiri dilakukan pada semua media berupa bulan berbahas elastis sehingga jika ditekan akan membawa obyek terangkat.

Jika dilakukan secara rutin, olahraga trambolin ini dinilai sangat bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan, dari beberapa penelitian, berolahraga menggunakan trambolin bisa membakar kalori yang cukup besar. Kondisi tersebut membuat sang pelaku menjadi lebih bugar.

Amped Trampoline Park yang ada di kawasan Kelapa Gading ini merupakan bagian dari tempat yang sama seperti yang dibangun di Malaysia dan Singapura. Bahkan, sesuai dengan rencana, Trampoline Park juga akan dibangun di Surabaya dan Bandung.

Sementara itu, CEO Amped Indonesia, Prem Kumar mengatakan, trampolin termasuk salah satu jenis olahraga yang bersifat low impact, dan menyenangkan. Selain menjadi salah satu jenis olahraga, disisi lain pemanfaatan trampoilin sendiri juga baik untuk membantu masa pertumbuhan anak-anak.

"Keunggulan bermain trampolin sendiri bagi tumbuh kembang anak dapat meningkatkan kelincahan, ketrampilan, serta membangun kepadatan tulang anak. Selain itu juga untuk pencegahan penyakit bahkan pemulihan cedera" katanya.

Dengan diresmikannya Amped Trampoline Park di kawasan Kelapa Gading Jakarta ini juga diharapkan menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia terutama di Jakarta yang selama ini terbelenggu menjadi lebih terbuka.

Peresmian Amped Trampoline Park di Kelapa Gading ini terbilang cukup istimewa karena ada beberapa pejabat negara yang hadir. Selain Menpora Imam Nahrawi bersama keluarga, ada juga Menteri Pedagangan Enggartiasto Lukita.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017