Beijing (ANTARA News) - Warga Tiongkok mulai melakukan perjalanan menuju kampung halaman untuk menyambut perayaan tahun baru China pada 28 Januari.

Arus mudik pada Jumat mulai terlihat di stasiun kereta api, bandara maupun jalan-jalan tol antarkota.

Di stasiun kereta api Beijing, 124 loket yang melayani perjalanan menuju berbagai kota di China penuh dengan calon penumpang.

Antrean calon penumpang tidak hanya terjadi pada pagi hari, namun juga pada siang hari. Demi bisa berkumpul dengan keluarga dan kerabat di kampung halaman, kebanyakan calon penumpang tidak keberatan harus membeli tiket dengan harga lebih mahal menjelang liburan.

Kereta-kereta bawah tanah dalam kota juga sebagian penuh dengan para pemudik yang akan menuju stasiun kereta api dan bandara internasional Capital Beijing.

Aparat keamanan pun disiagakan di beberapa titik di stasiun kereta bawah tanah, terutama yang menuju stasiun kereta api dan bandara.

Pemerintah Tiongkok memperkirakan ada sekitar tiga miliar arus perjalanan mudik dan wisata selama 40 hari perayaan Tahun Baru China, termasuk sekitar 300 juta orang yang menggunakan kereta api.

Otoritas perkeretaapian Tiongkok menambah sekitar 30 gerbong untuk mengangkut para pemudik.

Pemerintah setempat meminta seluruh kementerian dan departemen terkait, khususnya transportasi, mempersiapkan seluruh sistem dan layanan agar pemberian layanan selama perayaan Tahun Baru China benar-benar berjalan aman, lancar dan tertib.

Otoritas setempat juga mengingatkan warga agar memperhatikan cuaca saat melakukan perjalanan mengingat musim dingin masih menyelimuti sebagian wilayah Tiongkok.

Kementerian Keamanan Publik juga menyiagakan personel di sejumlah stasiun kereta api, pelabuhan, bandara dan beberapa ruas jalan antar-provinsi.

Biro Manajemen Lalu Lintas Kementerian Keamanan Publik akan memperketat pengawasan terhadap kendaraan dan pengemudi, terutama untuk memastikan pengemudi tidak lelah dan mabuk serta tidak membawa barang-barang yang membahayakan dan mengangkut penumpang melebihi kapasitas kendaraan.

Warga Tiongkok menikmati masa liburan nasional selama sepekan mulai 28 Januari hingga 2 Februari untuk menyambut Tahun Baru.

Kebanyakan warga Tiongkok merayakan Imlek dengan melakukan perjalanan ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat, serta melakukan perjalanan wisata baik di dalam maupun luar negeri.


Pewarta: Rini Utami
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017