Sampit, Kalteng (ANTARA News) - Masih tingginya harga cabai di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, membuat operasi pasar murah cabai yang digelar Bulog setempat, langsung diserbu warga yang ingin membeli.

"Harganya di sini jauh lebih murah dibanding di pasar. Tadinya saya mau beli tiga kilogram, tapi ternyata habis. Makanya beli seadanya yang masih tersisa," kata Rusmina Surbakti, salah seorang pembeli di Sampit, Jumat.

Sudah dua hari ini operasi pasar digelar Bulog Sub Divisi Regional Sampit. Berbagai barang kebutuhan dijual murah, seperti beras, gula, minyak goreng dan cabai. Namun, cabai yang paling banyak diminati pembeli.

Saat ini harga cabai rawit di pasaran berkisar antara Rp120.000 hingga Rp150.000/kg, cabai keriting Rp80.000/kg, cabai merah Rp60.000/kg dan cabai hijau Rp35.000/kg. Dalam operasi pasar murah, Bulog menjual cabai rawit hanya Rp80.000/kg, cabai keriting Rp60.000/kg, cabai merah Rp45.000/kg dan cabai hijau Rp20.000/kg.

Selain itu, Bulog juga menjual gula pasir Rp12.500/liter, minyak goreng Rp13.000/liter, beras medium Rp7.900/kg dan beras medium Rp9.000/kg. Harga yang dijual jauh lebih murah dibanding harga di pasaran.

"Kami sangat terbantu dengan pasar murah seperti ini karena harga di pasaran sangat tinggi. Kami harap ini terus dilakukan sampai harga kembali normal," kata Jaitunniyah, pembeli lainnya.

Kepala Seksi Pelayanan Publik Perum Bulog Sub Divisi Regional Sampit, Muhammad Azwar Fuad, mengatakan, operasi pasar murah sengaja dilakukan untuk membantu menstabilkan harga. Bulog membeli cabai dan kebutuhan lainnya dari agen di Sampit dan menjualnya tanpa mengambil keuntungan karena tujuannya untuk membantu masyarakat.

"Kegiatan ini kami lakukan berpindah-pindah dengan melihat titik konsentrasi warga, khususnya ibu-ibu. Dalam sehari kami membawa 50 kilogram cabai dan habis hanya dalam waktu sekitar tiga jam," kata Azwar.

Kegiatan ini akan terus dilakukan sampai harga cabai di pasaran kembali normal. Bulog sudah bekerjasama dengan agen sehingga pasokan untuk operasi pasar murah akan selalu tersedia.

Bulog akan menggelar operasi pasar jika harga kebutuhan di pasaran melonjak tinggi melebihi batas normal. Pedagang diminta tidak menaikkan harga secara berlebihan karena akan membebani masyarakat.

Pewarta: Norjani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017