Prediksi kita gempa susulan masih akan terjadi dengan skala lebih kecil"
Pekanbaru (ANTARA News) - Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Pekanbaru mendeteksi gempa tektonik terjadi di Kabupaten Rokan Hulu dengan kekuatan 5,3 Skala Richter pada Jumat sore sekitar pukul 16.23 WIB.

"Gempa terjadi pada kedalaman 228 kilometer sehingga tidak menimbulkan getaran," kata Kepala BMKG Pekanbaru, Sugarin, kepada Antara di Pekanbaru.

Sugarin menjelaskan gempa tersebut terjadi akibat subduksi pergeseran lempeng Indo Australi dan Eurasia pada koordinat 0.76 Lintang Utara,100.43 Bujur Timur atau sekitar 31 kilometer dari ibu kota Kabupaten Rokan Hulu, Pasir Pangaraian.

Dengan adanya gempa ini, dia memperkirakan gempa susulan masih sangat mungkin terjadi. Namun, potensi gempa tidak akan sebesar yang sebelumnya.

"Prediksi kita gempa susulan masih akan terjadi dengan skala lebih kecil," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rokan Hulu, Aceng Herdiana kepada Antara mengatakan gempa tersebut sama sekali tidak menimbulkan getaran.

Pusat gempa, kata Aceng terjadi di Desa Lubuk Bilang, Kecamatan Rambah Samo atau areal perkebunan sawit PT Sawit Asahan Indah.

"Kita telah periksa ke lokasi, dipastikan tidak ada getaran sama sekali. Bahkan, masyarakat di sana tidak tahu ada gempa," jelasnya.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Riau, Jim Gafur mengatakan bahwa gempa tersebut merupakan yang pertama kalinya terjadi. Untuk itu, dia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada akan potensi gempa yang terjadi di kemudian hari.

Pewarta: Anggi Romadhoni
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017