Baghdad, Irak (ANTARA News) - Pasukan khusus Irak merangsek masuk ke kampus Universitas Mosul demi membersihkan kampus ini dari militan-militan ISIS yang masih bertahan di sana, setelah berhasil menguasai sepenuhnya kampus ini.

Pasukan khusus Irak, Dinas Kontra Terorisme (CTS) memukul mundur pasukan ISIS yang berada di dalam kompleks universitas itu yang letaknya strategis. Pasukan khusus Irak kemudian menguasai sejumlah bangunan di sana yang penting bagi upaya menguasai seluruh bagian timur kota Mosul.

"Universitas ini telah sepenuhnya dibebaskan dan pasukan menyapu kompleks ini dari setiap militan yang bersembunyi. Sebagian besar gedung telah dipasangi bom sehingga kami harus waspada," kata juru bicara CTS Sabah al-Numan kepada Reuters melalui telepon.

"Kami tidak akan berhenti," sambung dia seraya mengatakan CTS berusaha terus merangsek ke daerah-daerah sekitar universitas itu.

Sebagian dari kompleks kampus itu menghadap ke distrik-distrik di Mosul timur, sehingga menjadikkannya batu loncatan penting untuk menguasai daerah-daerah lain yang dikuasai ISIS di sepanjang tepi Sungai Tigris.

Pasukan Irak yang didukung serangan udara dari koalisi pimpinan AS mengaku sudah semakin dekat untuk menduduki kembali seluruh tepi timur Sungai Tigris di Mosul sehingga bisa membuat mereka sepenuhnya menguasai Mosul timur atau separuh dari benteng besar terakhir ISIS di Irak.

Serangan ke daerah barat Mosul yang masih sepenuhnya dikuasai ISIS, bisa dimulai begitu bagian timur kota sepenuhnya direbut kembali Irak. Sungai Tigris membelah Mosul dari utara sampai selatan, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017