Jakarta (ANTARA News) - Petahana calon wakil gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyiapkan program kesehatan yaitu dokter yang mendatangi masyarakat di ibu kota Indonesia ini.

"Kami ada program Dokter Warga, jadi dokter yang mendatangi warga. Nanti akan didata warga-warga yang membutuhkan, dicatat nomor telepon dan alamatnya," kata Djarot di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan selama ini banyak warga yang sering kontrol ke rumah sakit, padahal jaraknya jauh. Selain itu harus datang pagi sekali agar tidak antre panjang.

"Tadi saya berdialog dengan warga, ada yang darah tinggi dana harus kontrol sebulan satu kali, berangkat jam 6 pagi dan baru bisa terlayani jam 2 siang, nantinya biar dokter yang datang ke rumah, baik yang kontrol sebulan sekali ataupun satu minggu sekali," kata Djarot.

Ia juga menjelaskan tidak ada kriteria khusus yang akan mendapatkan pelayanan, semua warga akan mendapatkan pelayanan sesuai kebutuhan.

Hari Minggu, Djarot menghadiri program bakti sosial dan pengobatan gratis di kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Ia juga sempat mendengar beberapa keluhan dari warga terkait dengan program kesehatan.

Diantara keluhan tersebut ia menjawab bahwa dengan adanya BPJS Kesehatan masyarakat bisa berobat secara gratis di Jakarta. Pengobatan yang dilakukan bisa merujuk ke puskesmas atau rumah sakit yang telah melayani program BPJS Kesehatan.

Selain memfokuskan program kesehatan, Djarot juga akan lebih intensif lagi blusukan turun ke masyarakat jelang satu bulan Pilkada DKI.

"Makin dekat Pilkada, kami makin intensif. Kalau jadwal kampanye saya menyesuaikan saja dengan apa yang sudah disusun," kata Djarot.

Dia mengatakan akan berbagi jadwal dan wilayah dengan calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), karena wilayah Jakarta luas dan banyaknya daerah yang harus dikunjungi.

"Kan tidak mungkin saya dan Pak Ahok mengunjungi semua wilayah. Jadi ada juga tim dari partai dan relawan yang bisa membantu kami mengunjungi tempat-tempat di Jakarta. Ada juga yang dikoordinasikan dari Fraksi PDI-P," kata Djarot.

Mantan walikota Blitar tersebut juga mengatakan senang dan antusias Pilkada semakin dekat. Ia memilih untuk lebih menikmati setiap waktunya. Selain itu ia juga menjelaskan bahwa gerakan para relawan di lapangan juga sema

Pilkada DKI 2017 akan diikuti tiga pasangan cagub, yaitu Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, kemudian Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, selanjutnya Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Pewarta: Afut Syafril
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017