Sampit, Kalteng (ANTARA News) - Kebakaran terjadi di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, kali ini menghanguskan dua rumah warga di Desa Patai Kecamatan Cempaga.

"Ada dua rumah yang terbakar. Tidak ada korban jiwa. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan polisi," kata Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kotawaringin Timur, Sugian Noor di Sampit, Minggu malam.

Sugian yang juga menjabat Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotawaringin Timur, mengatakan, kebakaran terjadi di Gang Hasbullah RT 06 RW 03 sekitar pukul 17:30 WIB. Dua rumah yang terbakar adalah milik Yansyah (48) dan Sahil (41).

Polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran yang berawal dari rumah Yansyah. Namun ada dugaan, kebakaran terjadi akibat anak Yansyah yang mengalami keterbelakangan mental memantik korek api gas dan mengenai kasur sehingga api dengan cepat membesar. Penghuni rumah langsung menyelamatkan diri.

Api dengan cepat membesar dan menjalar ke rumah Sahil karena bangunan terbuat dari kayu. Tidak banyak barang berharga yang sempat diselamatkan.

"Api berhasil dipadamkan menggunakan swadaya warga. Kerugian materi diperkirakan mencapai Rp180 juta," kata Sugian Noor yang mengutip laporan camat setempat.

Kapolsek Cempaga Iptu Harno membenarkan dugaan api berasal dari kasur yang terbakar. Namun pihaknya masih menyelidiki untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran tersebut.

Pewarta: Norjani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017