Saya bukan satu-satunya (yang membelot) dari Eropa. Masih banyak lagi yang akan datang
Seoul, Korea Selatan (ANTARA News) - Jumlah diplomat tingkat tinggi Korea Utara yang membelot ke Korea Selatan dari pos-pos diplomatik mereka di seluruh dunia akan semakin banyak, kata bekas wakil duta besar Korea Utara untuk Inggris seperti dilaporkan kantor berita Yonhap.

Sang diplomat bernama Thae Yong Ho itu sendiri membelot ke Korea Selatan Agustus tahun silam dan sejak Desember 2016 telah berulang kali berbicara kepada media massa Korea Selatan dan tampil pada berbagai acara televisi guna membahas pembelotan dia dan kehidupan dia selama menjadi diplomat Utara.

"Banyak sekali diplomat Korea Utara yang datang (membelot) ke Korea Selatan belakangan ini," kata Thae kepada Yonhap. "Saya bukan satu-satunya (yang membelot) dari Eropa. Masih banyak lagi yang akan datang."

Thae (54) mengaku tidak puas terhadap kepemimpinan Kim Jong Un sebagai alasan untuk meninggalkan posnya, namun dia juga memiliki dua putera yang masih kuliah dan istrinya di London yang mesti kembali ke Korea Utara.

Thae adalah pejabat tinggi Korea Utara pertama yang membelot ke Korea Selatan sejak pembelotan Hwang Jang Yop pada 1997. Yang disebut terakhir ini adalah otak di balik ideologi penguasa Korea Utara, "Juche", yang merupakan gabungan Marxisme dan nasionalisme ekstrem.

"Dari semua pembelot tingkat tinggi belakangan ini, saya adalah satu-satunya yang berani tampil di depan publik," tutup Thae seperti dikutip Reuters.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017