Padang (ANTARA News) - Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Pelayanan Pendapatan Provinsi (P3) Kota Padang, Sumatera Barat, pada tahun ini berencana menambah gerai Sistem Administrasi Pelayanan Satu Atap (Samsat) di Basko Grand Mall, guna memudahkan warga sekitar dalam pembayaran pajak kendaraannya.

"Pembukaan gerai Samsat di Plaza Andalas pada November 2016 sangat diminati masyarakat, sehingga kita merasa perlu membuka satu unit lagi di plaza," kata Kepala UPTD P3 Padang, Jaya Isman di Padang, Selasa.

Ia menjelaskan setiap harinya pengunjung gerai Samsat di Plaza Andalas selalu membludak. Hal ini disebabkan mudahnya akses dan para pembayar pajak bisa menyempatkan diri setelah berbelanja kebutuhan sehari-hari di plaza.

Gerai ini juga memberikan kemudahan kepada masyarakat, cukup membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) maka langsung bisa membayar pajak kendaraannya.

Dengan kemudahan ini peminatnya banyak, setiap hari rata-rata ada 200 wajib pajak yang memanfaatkan pelayanan di gerai tersebut.

Ia menyebutkan sedang menyiapkan anggaran untuk pembukaan gerai tersebut, kemudian mencari lokasi di dalam mall tersebut untuk dinegosiasi. Nantinya sistem pelayanan di sana akan langsung terkoneksi ke Kantor Samsat secara dalam jaringan (daring).

Dengan banyaknya fasilitas pembayaran pajak yang memberi kemudahan kepada masyarakat diharapkan dapat menghilangkan praktik percaloan dan pungutan liar.

Selain pembukaan gerai baru pihaknya juga telah menyediakan program pembayaran pajak kendaraan melalui Samsat Keliling yang beroperasi dari Senin hingga Sabtu setiap harinya.

"Tahun ini waktu pelayanan Samsat Keliling ini diperpanjang, pada 2016 pelayanan hanya buka pada hari Senin hingga Kamis, namun pada tahun ini kita perpanjang," katanya.

Untuk pelayanan drive thru di Kantor Samsat Padang pihaknya juga memberikan kemudahan. Tersedia dua antrean drive thru bagi masyarakat yaitu antrean bagi pengendara sepeda motor dan mobil.

"Dulu pelayanan ini hanya satu antrean saja sehingga panjang dan sekarang kita buat dua antrean untuk mempermudah para pengendara," terangnya.

Samsat juga membuat inovasi baru berupa program Samsat Elektronik (E-Samsat). Pembayaran pajak bisa dilakukan melalui ATM dan gerai Bank Nagari yang ada di seluruh Sumatera Barat.

Dengan semua fasilitas ini hendaknya membuat para wajib pajak bisa membayarkan pajak kendaraannya sendiri. Jangan lagi menggunakan jasa orang lain dalam menbayar pajak atau menggunakan calo.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017