Jakarta (ANTARA News) - Calon Gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan satu Agus Harimurti Yudhoyono menginginkan ruang terbuka hijau (RTH) dapat berfungsi maksimal, tidak sekedar menjadi sarana interaksi warga melainkan sebagai daerah serapan air hujan.

"RTH jangan hanya membuka lahan kemudian fungsinya tidak maksimal. Kita ingin RTH selain sebagai wahana interaksi juga secara natural bisa menjadi serapan air yang baik," kata Agus saat menyapa warga di daerah Semper, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa.

Agus mengatakan dirinya berencana meningkatkan jumlah ruang terbuka hijau di DKI Jakarta jika terpilih sebagai Gubernur Jakarta. Penambahan jumlah RTH, kata dia, akan diiringi penambahan ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA).

"RPTRA juga sangat dibutuhkan, kita tidak ingin anak muda tidak punya tempat menyalurkan hobi mereka. Dalam program saya mewujudkan Jakarta yang smart, creatif and green city harus terealisasikan RPTRA, RTH serta pemukiman hijau," jelas Agus.

Lebih jauh Agus juga menyampaikan keinginannya mempercepat proses normalisasi sungai-sungai di Ibu Kota. Suami Anissa Pohan itu menekankan sungai-sungai di Jakarta harus mampu mengalirkan debit air dalam jumlah besar guna mencegah banjir.

"Selain kewajiban dan tanggung jawab pemerintah untuk meyakinkan sungai dalam kondisi baik, harus ada gerakan warga juga untuk menjadikan lingkungan dalam kondisi baik," jelas dia.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017