Barcelona (ANTARA News) - Sporting Gijon berpisah dengan pelatih Abelardo Fernandez dengan kesepakatan bersama pada Selasa, menyusul kemerosotan penampilan yang membuat mereka berada di zona degradasi.

"Setelah pertemuan antara dewan direksi klub hari ini Real Sporting telah memutuskan, dengan kesepakatan bersama dengan Abelardo Fernandez, bahwa ia akan meninggalkan perannya sebagai pelatih tim pertama," demikian pernyataan klub.

"Keputusan ini diambil setelah menganalisa situasi dan hasil-hasil tim."

"Real Sporting berterima kasih untuk komitmen, upaya, dan profesionalis "Pitu" Abelardo saat masih mengasuh tim dan untuk disposisinya dalam penandatanganan kesepakatan untuk meninggalkan klub, yang akan selalu menjadi rumahnya. Klub mendoakan yang terbaik untuk masa depannya."

Fernandez, yang berasal dari Gijon, memiliki ikatan kuat dengan klub, setelah menjalani masa akademi dan bermain sebagai bek tengah untuk mereka selama lima tahun sampai bergabung dengan Barcelona pada 1994.

Pekerjaan manajemen pertamanya adalah di tim cadangan klub pada 2008, peran yang ia jalani sampai ia mengambil alih tim pertama pada 2008.

Meski menjadi subyek hukuman transfer karena masalah-masalah keuangan klub, Abelardo mampu memimpin Sporting kembali ke Liga Spanyol setelah absen tiga tahun pada musim penuh pertamanya.

Mereka mengamankan status tim strata tertingginya pada hari terakhir musim lalu.

Bagaimanapun, dampaknya menurun pada musim ketiganya sebagai pelatih, di mana timnya hanya memenangi tiga dari 18 pertandingan liga.

Mereka menelan kekalahan pada empat pertandingan terakhir di liga untuk membuat mereka menghuni peringkat ke-18 di klasemen dengan koleksi 12 angka, tertinggal empat angka dari tim peringkat ke-17 Valencia, yang juga masih memiliki satu pertandingan yang belum dimainkan.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017