Palembang (ANTARA News) - Harga cabai di lima pasar tradisional Kota Palembang yang sempat melonjak beberapa hari lalu, sekarang ini sudah turun sejak dilakukan operasi pasar.

Kepala Dinas Perdagangan Sumatera Selatan, Permana menyampaikan hal itu saat ditanya mengenai harga cabai yang akhir-akhir ini sempat naik di Palembang, Rabu.

Menurut dia, sekarang ini harga cabai itu sudah turun di lima pasar tradisional di Kota Palembang menjadi Rp60 ribu per kilogram sejak operasi pasar yang dilakukan Bulog.

Adapun lima pasar tradisional tersebut adalah Pasar Cinde, Lemabang, Pasar KM 5, kemudian pasar Sekanak dan Pasar 16 Ilir Palembang, katanya.

Ia mengatakan, untuk operasi pasar cabai itu pada tahap pertama dilakukan sebanyak 500 kilogram untuk lima pasar tradisional tersebut.

"Harga cabai tinggi bukan hanya di Palembang saja, tetapi juga beberapa provinsi di daerah lain," ujarnya.

Ia mengakui, kalau kebutuhan cabai di Palembang sekitar 25 ton perhari, tetapi hanya bisa memasok 10 ton. Pasokan cabai ini didatangkan dari Surabaya dan Jawa Barat, tetapi karena di Jawa harganya lebih menarik sampai Rp180 ribu perkilogram sehingga pasokannya lebih baik dijual di Jawa, sementara ke Palembang belum lagi ongkos angkut.

Sementara untuk alternatif jangka panjang diharapkan ibu-ibu rumah tangga supaya menggalakkan apotek hidup dengan menanam cabai di perkarangan rumah masing-masing, katanya.

Pewarta: Susilawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017