... tiga kepala staf berpeluang menjadi panglima TNI. Saya harap tidak ada konflik di internal TNI AU pasca penunjukan Pak Hadi...
Jakarta (ANTARA News) - "Komisi I DPR yakin TNI AU di bawah kepemimpinan Kepala Staf TNI AU, Marsekal Madya TNI Hadi Tjahjanto, akan semakin profesional karena dipimpin orang yang tepat," kata Ketua Komisi I DPR, Abdul Almasyhari.

"Usulan panglima TNI tentunya sudah mempertimbangkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk seorang Kasau. Semoga dengan dilantik kepala staf baru TNI AU baru, TNI AU semakin professional," kata Almasyhari, di Jakarta, Rabu.

Politisi PKS itu tidak melihat Tjahjanto dipersiapkan untuk menjabat panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

"Semua tiga kepala staf berpeluang menjadi panglima TNI. Saya harap tidak ada konflik di internal TNI AU pasca penunjukan Pak Hadi," ujarnya.

Anggota Komisi I DPR, Supiadin A Saputra, menilai Tjahjanto harus segera mengevaluasi sistem kesenjataan di TNI AU yang banyak jatuh dan kecelakaan. Pada 2016, paling tidak terjadi lima kecelakaan.

Dia menilai evaluasi itu mulai dari proses perencanaan hingga pengadaan agar ke depan tidak terjadi lagi insiden kecelakaan pesawat.

"Lalu baru harus melakukan pembenahan struktur TNI AU agar sesuai dengan strategi pertahanan Indonesia lalu membenahi SDM," katanya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017