Bucharest (ANTARA News) - Penjualan produk fisik melalui pasar online di Rumania melonjak 30 persen (year on year) mencapai 1,8 miliar euro atau sekitar 1,91 miliar dolar AS pada 2016.

Penjualan tersebut belum mencakup layanan, pembayaran tagihan, tiket pesawat, tiket acara, pemesanan hotel, wisata dan lain-lain, demikian laporan yang dirilis otoritas pasar e-commerce Rumania GPeC, Rabu (18/1).

GPeC atau Gala Premiilor eCommerce adalah ajang paling penting bagi e-commerce Rumania dan merupakan komunitas toko online terbesar di negara itu. GPeC juga mengumpulkan dan menerbitkan angka resmi penjualan di pasar e-commerce Rumania setiap tahun.

Rumania melaporkan peningkatan signifikan dalam penggunaan ponsel pintar, karena semakin banyak orang yang memiliki ponsel dan menggunakannya untuk pencarian produk di toko online dan belanja online.

Menurut data terbaru, tingkat penetrasi ponsel pintar tumbuh secara signifikan di Rumania yakni menjadi 70 persen pada 2016 dari 50 persen di tahun sebelumnya.

Lebih dari 50 persen toko online dikunjungi melalui perangkat ponsel, dan pembelian melalui ponsel mencapai 35-40 persen dari total belanja di pasar e-commerce Rumania pada 2016, demikian data GPeC.

Rumania adalah salah satu industri e-commerce terbesar di Eropa Tenggara dengan 5.000 toko online aktif di sana.

Toko online terbesar di Rumania adalah eMAG.ro, yang berekspansi ke Polandia pada Januari 2015. Toko online besar lainnya di negara tersebut yakni Altex, Domo, Flanco dan Okazii, demikian Kantor Berita Xinhua memberitakan.

Penerjemah: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017