Kuala Lumpur (ANTARA News) - Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, mengajak negara-negara muslim anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk mengambil tindakan segera dalam menangani konflik minoritas muslim Rohingya di Myanmar.

"Krisis kemanusiaan di Myanmar negara bagian Rakhine merupakan penyebab besar dan perhatian segera untuk kita semua. Hilangnya nyawa tidak dapat diperdebatkan," ujar Razak, pada pembukaan Sidang Luar Biasa Dewan Menteri Luar Negeri OKI Tentang Situasi Komunitas Muslim Rohingya, di Kuala Lumpur, Kamis.

Sidang luar biasa tersebut diselenggarakan atas permintaan Razak untuk mengidentifikasi langkah-langkah untuk perlindungan Rohingya.

Dia menegaskan dalam Islam yang tepat hidup adalah hak dasar pertama dan terutama, sebagaimana dinyatakan dalam ayat 32 dari Surah Al Maidah.

"Siapa yang membunuh jiwa... seolah-olah dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barang siapa menyelamatkan satu - itu seolah-olah ia telah menyelamatkan umat manusia seluruhnya," katanya.

Dia mengatakan terlalu banyak orang telah kehilangan nyawa mereka di Myanmar dan banyak yang menderita mengerikan berupa kematian.

"Orang-orang yang telah hidup melalui kekejaman telah menyaksikan atau mengalami kekejaman yang tak terkatakan. Hal itu sendiri adalah alasan mengapa kita tidak bisa diam," katanya

Dia menekankan, kegagalan untuk merespon secara efektif terhadap situasi bisa menghasilkan itu berpose ancaman bagi keamanan dan stabilitas wilayah yang lebih luas.

"Kami takut jika situasi minoritas muslim Rohingya di negara bagian Rakhine tidak ditangani dengan benar, elemen militan bisa menyusup dan mungkin meradikalisasi terhadap masyarakat tertindas. Ini harus menjadi perhatian masyarakat internasional secara keseluruhan, sebagai ancaman rumah baru untuk kelompok-kelompok teroris yang memiliki potensi untuk menyebabkan kematian," katanya.

Dia menegaskan sebagai teman sejati dan lama dari Myanmar pihaknya mengatakan sekarang adalah waktu untuk mengakhiri krisis ini.

Dia menegaskan, jika urusan dalam negeri suatu negara menghasilkan ketidakstabilan yang mempengaruhi lainnya negara-negara di kawasan tersebut mereka tidak bisa diharapkan untuk tetap diam atau berharap untuk yang terbaik dan berdoa bahwa hal tersebut tidak lebih buruk.

Dia mengatakan, saat ini noda di ASEAN sendiri dan sekarang dibawah kepemimpinan Malaysia.

"Kami akan gagal jika mereka jika tidak melakukan yang terbaik untuk menghindari bencana yang berlangsung di Rohingya," katanya.

Dia meminta pemerintah Myanmar untuk menghentikan semua tindakan diskriminatif dan serangan terhadap Rohingya dan untuk para pelaku untuk dibawa ke keadilan.

"Ini harus terjadi sekarang. Tidak dalam waktu beberapa bulan, pemerintah Myanmar membantah istilah 'genosida' dan 'pembersihan etnis'. Tapi apa pun terminologi, Rohingya tidak bisa menunggu. Tidak ketika mereka dan keluarga mereka dibakar hidup-hidup di rumah mereka sendiri. Tidak saat masyarakat sedang hancur, orang-orang mereka jatuh miskin dan tersebar. Tidak ketika masa depan orang-orang muda mereka - pendidikan mereka, sedang dihancurkan di depan mata mereka," katanya.

Razak mendesak pemerintah Myanmar untuk segera memberikan akses tanpa hambatan untuk pengiriman bantuan kemanusiaan ke daerah-daerah, untuk memfasilitasi kembalinya pengungsi ke rumah dan komunitas mereka secara aman dan bermartabat serta untuk menghentikan semua tindakan diskriminatif dan serangan terhadap Rohingya.

Dia juga menguraikan langkah-langkah yang diambil oleh Malaysia untuk memberikan dukungan dan memperbaiki nasib Rohingya dan mengumumkan sumbangan tambahan dari 10 juta ringgit untuk membantu dalam upaya kemanusiaan dan proyek-proyek rehabilitasi sosial di negara bagian Rakhine.

Razak menantang anggota OKI untuk menghidupkan piagam membantu muslim minoritas dan masyarakat di luar anggota untuk menjaga martabat mereka, budaya dan identitas agama.

"Hari ini, kita memiliki perjuangan baru yang kita semua harus datang bersama-sama untuk mendukung - untuk Rohingya, dan untuk mengakhiri rasa sakit, kekurangan dan kematian mereka yang telah menderita untuk terlalu panjang," katanya.

Dia menegaskan anggota OKI tidak bisa berdiri saja dan tidak melakukan apa-apa.

"Kita mewakili 57 negara dan populasi lebih dari 1,6 miliar. Kita harus sama dengan tantangan ini. Kita harus menunjukkan bahwa organisasi ini benar-benar teman dan penjamin Muslim dimana mana. Kita harus menunjukkan bahwa sementara kita mungkin memiliki perbedaan-perbedaan, namun kita akan datang bersama-sama dalam membela saudara-saudara di saat mereka membutuhkan kita," katanya.

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017