Jakarta (ANTARA News) - Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan (JSKK) bersama sejumlah pewarta foto menggelar pameran foto menggunakan "kaleng kerupuk" pada Peringatan 10 Tahun Aksi Kamisan di Jakarta.

Feri Kusuma, Kepala Divisi Pemantauan Impunitas KontraS sekaligus koordinator Peringatan 10 Tahun Kamisan menjelaskan bahwa foto-foto tersebut merupakan rangkaian perjalanan aksi bungkam Kamisan yang berjalan sudah selama 10 tahun.

"Pameran foto ini ide dari wartawan, termasuk tema Kaleng Kerupuk itu. Itu semua menggambarkan bagaimana perjalanan Kamisan selama 10 tahun," kata Feri Kusuma di lokasi, Kamis.

Pada pameran foto yang digelar bersamaan aksi Kamisan itu, terpajang 60 foto yang disematkan pada kaleng kerupuk bertuliskan "Janji Kerupuk dan Penegakan HAM yang Melempem."

Kaleng kerupuk tersebut dicat warna perak dan disusun berdiri setinggi sembilan kotak kemudian diposisikan berada tepat membelakangi Istana Merdeka yang berada di jalan Medan Merdeka Utara.

Seorang pewarta foto mengatakan kaleng kerupuk adalah kritik dari penegakan HAM di Indonesia yang sedang "melempem" seperti kerupuk.

Feri mengatakan foto-foto itu merupakan sumbangsih para pewarta foto dan dikuratori langsung oleh Awo dari Jakarta Post dan Fanny Oktavianus dari Antara Foto.

Pewarta: Alviansyah P
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017