London (ANTARA News) - Kantor Perwakilan Pariwisata Indonesia di Paris "Visit Indonesia Tourism Officer (VITO)" berkolaborasi dengan Akademi Gastronomi Indonesia (AGI) mengelar festival gastronomi memperkenalkan dan mempromosikan kekayaan budaya kuliner Indonesia.

Selama satu minggu pakar kuliner Indonesia William Wongso akan memimpin delegasi Kuliner Indonesia di Paris, ujar Country Manager VITO Perancis Eka Moncarre kepada Antara London, Jumat,

Dikatakan festival grastronomi Indonesia bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan kekayaan budaya kuliner Indonesia di Perancis yang merupakan inisiatif dari VITO Prancis,

Menurut Eka Moncarre, digelarnya fertival grastronomi Ini merupakan kesempatan yang unik dan memberikan nilai yang tinggi bagi kemajuan gastronomi indonesia di dunia internasional? karena di Prancis lah bermula kata gastronomi digunakan di tahun 1814.

Selama satu minggu festival gastronomi ini, delegasi Kuliner Indonesia akan di dipimpin William Wongso adalah Indonesian Culinary Expert yang terkenal dinamakan Paul Bocuse Indonesia oleh Warren Caragata dari Asia Week.

Selain di hotel bintang lima Shangri-la Paris rangkaian promosi budaya kuliner Indonesia ini juga akan diadakan di Gallery Lafayette untuk Indonesia Brunch. Diplomasi budaya kuliner melalui edukasi juga akan dilakukan dengan kunjungan pimpinan AGI serta penandatanganan MOU dengan Lenotre culinary school, yang akan dilengkapi dengan cooking demo.

Eka mengatakan kegiatan ini juga menjadi aksi awal mendukung acara Europalia Indonesia 2017-2018 di Belgia, dimana Indonesia menjadi host country yang rencananya akan dibuka Presiden Jokowi tanggal 10 Oktober mendatang.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017