Madrid (ANTARA News) - Pebalap MotoGP Valentino Rossi menyatakan akan bersaing dengan enam orang pebalap saat dia menargetkan meraih gelar juara dunia ke-10 pada MotoGP 2017 yang didominasi perpindahan para pembalap ke tim baru.

Rossi mengalami ketegangan dengan Jorge Lorenzo dalam empat tahun terakhir. Puncaknya saat Rossi menuding juara dunia saat ini Marc Marquez bersekongkol dengan Lorenzo untuk membantu Lorenzo meraih juara 2015.

Lorenzo kemudian pindah ke Ducati. Namun langkah Lorenzo memicu efek domino ketika Maverick Vinales bergabung dengan Rossi di tim Yamaha, sedangkan Andrea Iannone pindah dari Ducati ke Suzuki.

"Musim ini akan sangat menarik karena tiga pembalap teratas berganti tim," kata Rossi, yang terakhir kali meraih gelar juara dunia pada 2009, dalam acara peluncuran motor YZR-M1 di Madrid, Kamis (19/1) waktu setempat.

"Saya rasa Lorenzo membuat langkah bersejarah. Setelah delapan tahun bersama dengan Yamaha, akan sangat menarik melihatnya, namun tidak lebih mudah," kata dia seperti dilansir dari AFP.

Rossi berada di posisi dua klasemen MotoGP dalam tiga musim terakhir, namun musim 2015 adalah yang paling menyakitkan bagi pembalap Italia tersebut saat dia terlibat sejumlah perselisihan dengan Marquez, termasuk menendang pembalap asal Spanyol itu hingga jatuh dari motornya di Malaysia, dengan Lorenzo menjadi juara dunia pada musim itu.

Dan dengan kurangnya pengalaman Vinales (22), sebagai rekan satu timnya, Rossi berharap drama musim ini akan berkurang.

Balap MotoGP 2017 akan dimulai pada 26 Maret di Qatar.

Penerjemah: Alviansyah P
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017