London (ANTARA News) - Angkatan Laut (AL) Inggris pada Kamis waktu setempat dikerahkan untuk menjinakkan bom yang diduga berasal dari masa Perang Dunia II yang ditemukan di Sungai Thames, dekat gedung parlemen di London.

"Angkatan Laut sekarang sudah tiba dan akan memindahkan dan menjinakkan perlengkapan perang itu dengan aman selama beberapa jam ke depan," kata Polisi Metropolitan London dalam sebuah pernyataan.

Pelibatan Angkatan Bersenjata dilakukan beberapa jam setelah polisi untuk sementara mengevakuasi stasiun bawah tanah Westminster.

Penutupan pada jam sibuk sekitar pukul 17.15 itu juga meliputi penutupan Jembatan Westminster -- yang berada di bawah naungan jam Big Ben parlemen -- dan Jembatan Waterloo.

"Penutupan jalan sementara selanjutnya mungkin diperlukan sepanjang malam saat senjata perang dijinakkan. Sebagian besar penutupan akan terjadi di pusat kota London," kata polisi.

Perlengkapan perang tersebut terlihat setelah muncul di permukaan air saat Sungai Thames meluap menurut juru bicara polisi kepada kantor berita AFP.

Senjata itu ditemukan di sungai Thames di Tanggul Victoria, dekat Horse Guards Avenue tempat Old War Office Building berada. Bangunan itu digunakan pemerintah Inggris selama Perang Dunia II dan dibom.

Lebih dari 12.000 metrik ton bom dijatuhkan di ibu kota Inggris selama perang berlangsung menurut Imperial War Museum London.(mr)
  

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017