London (ANTARA News) - Kepemimpinan Donald Trump cenderung untuk menciptakan ketidakpastian yang lebih besar bagi Uni Eropa dibandingkan dengan keputusan Inggris untuk meninggalkan blok itu (Brexit), kata Menteri Keuangan Inggris, Philip Hammond, Jumat.

"Brexit telah memperkenalkan ketidakpastian. Saya pikir perubahan pemerintahan di Amerika Serikat telah memperkenalkan bagian lebih besar dari ketakpastian untuk Uni Eropa," kata Hammond, dalam diskusi panel tentang Uni Eropa, di Davos, Swiss.

Hammond, yang pernah menjabat sebagai menteri luar negeri Inggris itu mengatakan, negara-negara Uni Eropa bervariasi dalam melihat seberapa besar ancaman keamanan dari Rusia.

"Apa pun yang mengubah status quo diselesaikan dari Eropa yang hidup dengan Rusia sebagai tetangga, tapi tinggal di bawah naungan perlindungan keamanan Amerika seperti itu akan berdampak pada dinamika Uni Eropa," kata Hammond.

Trump, yang dijadwalkan akan dilantik sebagai presiden AS Jumat telah menyatakan kekagumannya pada Presiden Rusia, Vladimir Putin, dan memunculkan kekhawatiran tentang bagaimana negara-negara sekutunya akan berbagi biaya untuk memberikan keamanan melalui aliansi NATO.

Banyak pemimpin Eropa yang gerah dengan berbagai pernyataan dalam "diplomasi twitter" Trump itu. 

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017